• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

PENGANTAR AKADEMIK

ETIKA AKADEMIK

MAHASISWA

Pembinaan mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi tidak dapat dilepaskan dari eksistensi mahasiswa dalam totalitas kedudukan, fungsi dan perannya baik sebagai sivitas akademika maupun sebagai unsur terpelajar bangsa dalam kaitannya sebagai warga negara yang baik. Program pembinaan mahasiswa dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dapat dibedakan atas dua kategori, yakni kategori kegiatan yang bersifat intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler yang bersifat wajib adalah berbagai kegiatan program studi yang dihargai dengan jumlah satuan kredit semester (SKS) tertentu, sedangkan kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan non SKS yang pada umumnya bersifat pembinaan karakter yang menunjang keberhasilan studi dalam aspek interaksi sosial.

Hendaknya harus disadari bahwa keterikatan mahasiswa selama belajar dengan pembimbingnya sangat menentukan hasil  lulusan. Karena itu kewajiban mahasiswa selain mengikuti tugas-tugas kurikuler terstruktur, tapi ia juga sebaiknya terlibat dalam program-program para pembimbingnya. Para pembimbing pada kesempatan selama mereka belajar dapat mengarahkan etika dalam kegiatan ilmiah maupun penerapan hasil-hasil penelitian. Sudah waktunya kita para dosen, bukan hanya menghasilkan lulusan berilmu, akan tetapi para dosen juga memberikan etika bagaimana menggunakan ilmu dan teknologi yang diperolehnya itu.

Etika akademik mahasiswa melekat pada setiap kegiatan baik kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Etika akademik mahasiswa berfungsi membimbing dan mengendalikan setiap tindakan dan perilaku mahasiswa dalam mencapai tujuan akhir belajar di perguruan tinggi. Tujuan akhir yang meliputi baik pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan maupun ketrampilan (skill) dan sikap (attitude) ilmiah.

Tugas dan tanggung jawab mahasiswa meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah dan bidang pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut dapat dibedakan berdasarkan kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler.

1.   Kegiatan Intrakurikuler.

Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Tugas dan tanggung jawab mahasiswa di bidang pendidikail dan pengajaran yang menyangkut kategori kagiatan intrakurikuler adalah sebagai berikut:

1) Mengikuti kegiatan kuliah dengan sungguh-sungguh sesuai dengan jadwal yang ditetapkan program studi/jurusan/bagian.

2)  Mengisi/menandatangani daftar hadir mahasiswa dan dosen !DHMD) dengan jujur setiap kali mengikuti kuliah.

3)  Mengikuti kegiatan kuliah sesuai dengan yang tercantum di dalam kartu rencana studi (KRS) pada semester yang sarna, yang telah disahkan oleh dosen pembimbing akademik dan SBA fakultas/program pascasarjana.

 

4) Mengikuti evaluasi proses pembelajaran (tes harian), ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), ujian skripsi/tesis/ desertasi dengan jujur sesuai etika dan norma akademik ujian.

5)  Melaksanakan tugas-tugas akademik terstruktur yang diberikan dosen dan atau program studi/jurusan/bagian, yang relevan dengan mata kuliah yang ditempuh secara objective-ilmiah dan bertanggung jawab.

6) Aktif mencari berbagai sumber kepustakaan dan belajar sendiri dalam usaha memahami dan mengusai setiap mata kuliah yang ditempuh dan keterkaitannya dengan mata kuliah yang lain.

7) Memilih dan menentukan sejumlah mata kuliah dalam pengisian KRS setiap semester dengan bimbingan dosen pembimbing akademik sesuai dengan minat akademik dan program studi/jurusan/bagian.

8) Menjalin interaksi yang sehat sebagai peserta didik dengan para dosen atau karyawan, serta dengan sesama mahasiswa dalam proses pembelajaran secara lugas berdasarkan etika dan norma akademik yang berlaku.

9) Melaksanakan kegiatan kurikuler non-SKS yang disyaratkan untuk menempuh jenjang dan program studi tertentu (matrikulasi, ujian kualifikasi, dsb).

 

b. Bidang Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Tugas dan kewajiban mahasiswa di bidang penelitian dan penulisan karya ilmiah adalah:

1)  Melakukan penelitian mandiri dalam menyelesaikan tugas kurikuler (tugas akhir/laporan kasus/skripsi) berdasarkan kaidah-kaidah metode penelitian ilmiah dalam usaha memahami dan menghayati kebenaran ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

2)  Melakukan penelitian/kerja praktikum (laboratorium/kepustakaan/ lapangan) untuk melengkapi tugas kurikuler dalam mata kuliah tertentu.

3)  Menulis tugas akhir laporan kasus/skripsi secara sungguh-sungguh dengan memperhatikan etika dan norma akademik khususnya tentang penulisan karya ilmiah.

4) Menulis laporan penelitian/kerja praktikum (laboratorium/kepustakaan/ lapangan) sebagai tugas kurikuler dengan memperhatikan etika dan norma akademik khususnya tentang penulisan karya ilmiah.

c.  Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Tugas dan kewajiban mahasiswa yang menyangkut bidang pengabdian kepada masyarakat adalah:

1) Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai kurikuler dengan bimbingan dosen dan atau program studi/jurusan/bagian sesuai dengan kalender akademik yang telah ditetapkan Sekolah Tinggi.

2) Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dalam melaksanakan mata kuliah tertentu dengan bimbingan dosen dan atau program studi/ jurusan/bagian bidang studi.

 

2.  Kegiatan Ekstrakurikuler

a. Bidang pendidikan dan pengajaran tugas dan kewajiban mahasiswa di bidang ekstrakurikuler yang menyangkut bidang pendidikan dan pengajaran meliputi sebagai berikut:

 

1)  Sejauh memungkinkan dan sepanjang tahun selama mahasiswa belajar, wajib mengikuti program-program dosen pembimbingnya.

2) Mengikuti berbagai kegiatan akademik (diskusi ilmiah, symposium, semi nar, lokakarya dan berbagai lomba ilmiah) atas inisiatif sendiri atau atas penugasan dosen dan atau program studi/jurusan/bagian sebagai sikap akademik pengetahuan dan pengalaman, serta sikap akademik di samping memperluas wawasan dan jaringan hubungan di antara kaum terpelajar.

3)  Mengikuti berbagai lomba ilmiah mahasiswa antara lain lomba karya tulis ilmiah, LKIP (Lomba Karya Inovatif Produktif), LKWU (Lomba Karya Widya Utama), dan lomba mengarang, yang akan merangsang dan meningkatkan daya kreasi dan inovasi ilmiah serta kemampuan kerjasama dalam tim.

4)  Mengikuti salah satu atau sejumlah kegiatan dalam rangka pembinaan minat dan kegemaran melalui berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk meningkatkan apresiasi dan jati diri dalam hubungan timbal balik dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam, sosial maupun budaya.

5) Mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan di tingkat nasional, Sekolah Tinggi, fakultas, program studi/jurusan/bagian/kajian untuk mengembangkan kepemimpinan.

6)  Mengikuti   berbagai  kegiatan  untuk  meningkatkan   kesejahteraan sesama  mahasiswa baik kesejahteraan jasmani dan rohani dalam rangka memupuk keimanan dan ketaqwaan serta jiwa wirausaha dan kemandirian.

7) Mengikuti kegiatan bakti sosial di bidang kalangan masyarakat untuk meningkatkan kepekaan sosial dan jiwa gotong royong terhadap sesama warga.

 


Info STIK Muhammadiyah Pontianak | civitas akademika stik muhammadiyah pontianak & badan pembina harian, mengucapkan selamat hari raya idul adha 1438 h.