• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

PROG. STUDI S1 KEPERAWATAN - PROG. PENDIDIKAN NERS

A. Pendahuluan

   Pendidikan Ners adalah pendidikan yang bersifat akademik profesi yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua tahap pendidikan yang terintegrasi. STIK Muhammadiyah selalu menggunakan landasan professional dan Islami dalam program pendidikannya sehingga akan nampak jiwa keislaman. Program pendidikan yang dilaksanakan mengacu pada paradigma keperawatan Islami dan mempunyai landasan ilmu pengetahuan serta landasan keprofesian yang kokoh. Pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh sifat runtun pada proses pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi keperawatan. Pada program pendidikan profesi terdapat masa penyesuaian professional bagi peserta didik (Sarjana Keperawtan/S.Kep) dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di masyarakat/lapangan dengan menggunakan tatanan pelayanan nyata, khususnya pelayanan keperawatan.

B. Visi

"Menjadi pusat pendidikan tenaga keperawatan professional, islami dan kompetitif yang berdirikan keahlian pegelolaan trauma akut dan kronik pada tahun 2030"

C. Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berfokus pada mahasiswa dalam rangka menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah,memiliki kekokohan intelektual, berpikir kritis dan caring terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik. 

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik.

3.  Menyelenggarakan pengabdian yang berkualitas kepada masyarakat terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik dengan melibatkan peran serta masyarakat.

D. Tujuan

1. Menyediakan sarana dan prasarana  yang memadai bagi peserta didik untuk  proses pembelajaran dan  mampu  mandiri   

2. Menyiapkan bahan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan keilmuan khusus yang mencirikan keunggulan pada bidang luka, stoma, inkontinensia dan keperawatan kritis

3. Melaksanakan proses pembelajaran dengan penuh disiplin, menfasilitasi kreativitas  dan inovatif, pembelajaran  pemecahan masalah dan aktif  guna mengembangkan  kapabilitas sehinga mampu berpikir kritis.

4. Melaksanakan proses pembelajaran dengan kegiatan mentoring dan lainnya  pada kebutuhan spiritual secara rutin untuk mengembangkan karakter atau jiwa yang tangguh sehingga memiliki pribadi caring dan bermoral tinggi.

5. Menyiapkan  sumber-sumber  yang memudahkan dalam kegiatan  penelitian dan menciptakan kondisi ilmiah dan kompetitif 

6. Melaksanakan pemanfatan hasil penelitian yang berbasis bukti untuk  aktivitas dalam pelayanan  kesehatan      

Menyiapkan dan memudahkan sumber-sumber untuk kegiatan pada pengabdian kepada masyarakat   dan berperan secara aktif bersama masyarakat dalam menuntaskan masalah kesehatan.

E. Sasaran

1. Terlaksananya proses pembelajaran yang menggunakan berbagai metode yang sesuai dan menerapkan proses pembelajaran yang aktif dan mandiri

2. Terwujudnya kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi kompetensi dengan ciri kekhususan

3. Terwujudnya lingkungan kampus yang kondusif, mendukung kreatifitas dan inovatif, ilmiah dan Islami

4. Terlaksananya penelitian-penelitian yang mampu berkompetitif dan menghasilkan produk yang dimanfaatkan oleh masyarakat

Terlaksananya pengabdian masyarakat dengan pembinaan dan kegiatan promosi, prevetif dan  mengatasi  masalah kesehatan  di masyarakat


Info STIK Muhammadiyah Pontianak | civitas akademika stik muhammadiyah pontianak & badan pembina harian, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 h minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir & bathin.