• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN

Pendahuluan

Berdasarkan UU RI nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan menyatakan bahwa untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat diadakan upaya kesehatan mencakup upaya peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang diadakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan dan dilaksanakan bersama antara pemerintah dan masyarakat yang didukung oleh sumber daya kesehatan termasuk tenaga kesehatan.

Salah satunya dianataranya adalah Perawat pemula yang kompeten dihasilkan melalui proses pendidikan di institusi penyelenggara program tersebut. Penyelenggaraan pendidikan D3 mempergunakan kurikulum Nasional Program Diploma III Keperawatan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dengan surat Keputusan No. 239/U/1999 tanggal 4 Oktober 1999. Kurikulum Nasional tersebut telah beberapa kali mengalami revisi.

Kurikulum institusi mengacu pada kurikulum Nasional yang telah ditetapkan dengan memperhatikan kompetensi keunggulan dan peluang pengembangkan sumber daya lulusan nantinya. 

B. Visi dan Misi

1. Visi

" Menghasilkan ahli madya keperawatan yang islami dan kompetitif serta terampil dalam memberikan asuhan keperawatan tahun 2017 "

2. Misi

1. Melaksanakan Pendidikan Dan Pembelajaran Program Diploma Keperawatan sesuai dengan Standar Kompetensi berlandaskan nilai-nilai islami serta mempunyai jiwa caring, critical thinking dan best opprtunity dalam melakukan asuhan keperawatan.

2. Melaksanakan Penelitian di bidang keperawatan untuk mengembangkan keperawatan berbasis bukti dalam melaksanakan asuhan keperawatan

3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dan mengembangkan jiwa kemandirian dalam memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.

4. Menyiapkan lulusan yang memiliki penguasaan keterampilan kemampuan dakwah yang sesuai dengan visi institusi 

5.  Melaksanakan Sistem Manajemen Prodi DIII Keperawatan Yang Bersih, Bertanggung Jawab dan Transparan

6. Menjalin dan melaksanakan kemitraan dan terintegrasi dalam program-program pemerintah di bidang kesehatan dan meningkatkan mutu Catur Dharma Perguruan Tinggi di bidang Keperawatan.

7. Meningkatkan sumber daya, metode, sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran Peran dan Fungsi

          Peran dan fungsi perawat lulusan program DIII keperawatan sebagai berikut:

1. melaksanakan pelayanan keperawatan professional dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijakan umum pemerintah yang berdasarkan Pancasila, khususnya pelayanan dan/atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan mencakup:

a. Menerapkan konsep, teori dan prinsip ilmu humaniora, ilmu alam dasar, biomedik, kesehatan masyarakat dan ilmu keperawatan dalam melaksanakan pelayanan dan atau asuhan keperawatan kepada individu, keluarga,kelompok, komunitas dan masyarakat

b. Melaksanakan pelayanandan atau keperawatan secara tuntas melalui pengkajian keperawatan, penerapan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi, baik bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kepada klien yang mempunyai masalah keperawatan dasar sesuai batas kewenangan, tanggung jawab dan kemampuannya serta berlandaskan etika profesi keperawatan

c. Mendokumentasikan asuhan keperawatan secara sistematis dan memanfaatkannya dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan

d. Bekerjasama dengan anggota tenaga kesehatan lain dan berbagai bidang terkait dalam menerapkan prinsip manajemen, menyelesaikan masalah kesehatan yang berorientasi kepada pelayanan dan asuhan keperawatan

e. Melaksanakan sistem rujukan keperawatan dan kesehatan

2.  Menunjukkan sikap kepemimpinan dan bertanggung jawab dalam mengelola asuhan keperawatan

a. Menerapkan teori manajemen dan kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi setempat dalam mengelola asuhan keperawatan

b. Melaksanakan kegiatan keperawatan dengan menggunakan pendekatan ilmiah

c. Berperan sebagai pembaharu dalam setiap kegiatan keperawatan di berbagai tatanan pelayanan keperawatan/kesehatan

d. Mengikuti perkembangan dan menerapkan IPTEK secara terus menerus melalui kegiatan yang menunjang

e. Berperan sertasecara aktif dalam setiap kegiatan ilmiah yang relevan dengan keperawatan.

3. Memelihara dan mengembangkan kepribadian serta sikap dengan etika keperawatan dalam melaksanakan profesinya

a. Melaksanakan tugas profesi keperawatan mengacu kepada kode etik keperawatan mencakup komunikasi, hubungan perawat dengan klien, perawatan dengan perawat, perawat dengan profesi lain.

  1. Mentaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
  2. Bertindak serasi dengan budaya masyarakat dan tidak merugikan kepentingan masyarakat
  3. Berperan serta secara aktif dalam pengembangan organisasi profesi
  4. Mengembangkan komunitas professional keperawatan

4. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, terbuka untuk menerima perubahan serta berorientasi ke masa depan, sesuai dengan perannya.

a. Menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk membantu menyelesaikan masalah masyarakat di bidang kesehatan

b. Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan dan keperawatan dengan memanfaatkan dan mengelola sumber yang tersedia

c. Memilih dan menapis perubahan yang ada untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat

d. Memberi masukan pada berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah tentang aspek yang terkait dengan keperawatan dan kesehatan


Info STIK Muhammadiyah Pontianak | civitas akademika stik muhammadiyah pontianak & badan pembina harian, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 h minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir & bathin.