• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

Registrasi

A. Registrasi Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak harus mendaftarkan diri/melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru dengn persyaratan sebagai berikut:

  1. Menyerahkan bukti diterima dan menunjukkan nomor ujian kepada administrasi akademik
  2. Membayar paket biaya pendidikan (SPP, DKFM, biaya pembangunan) dan biaya lain yang ditetapkan berdasarkan SK Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak.
  3. Menyerahkan berkas-berkas dalam stofmap dengan warna yang telah ditentukan yang berisi:
    a. Prodi S1: Ijazah/STTB SMU/SPK.  D III;  Program DIII (jalur khusus) : Ijazah/STTB SMU/SPK, transkrip nilai DIII, dan nilai UAN Asli dan fotocopinya rangkap dua.
    b. Prodi DIII : Ijazah/STTB SMU/SMK/SPK, D III ;  Program DIII (jalur khusus) : Ijazah/STTB SMU/SMK/SPK, Transkrip nilai SPK, dan nilai UAN Asli dan fotocopinya rangkap dua.
    c. Fotocopi akte kelahiran/ kenal lahir yang disahkan rangkap dua
    d. Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 jumlah 4 lembar.
    e. Surat-surat keterangan yang dibutuhkan oleh masing-masing Program Studi (diatur berdasarkan Surat Keputusan Ketua STIK).
  4. Tempat registrasi di kampus STIK sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  5. Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, maka calon dianggap tidak menggunakan haknya untuk menjadi mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak.(diatur berdasarkan SK Ketua STIK tentang Kalender Akademik Semester)

 B. Pengunduran diri sebagai Mahasiswa

    (bagi mahasiswa baru karena diterima di PTN, PT BHMN atau perguruan tinggi lain)

Bagi mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dan kemudian diterima di Perguruan Tinggi lain dapat mengundurkan diri, dengan mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada Ketua STIK dengan melampirkan Kartu Ujian SPMB dan Bukti diterima di Perguruan Tinggi lain (surat panggilan, Koran), dan menandatangani surat pernyataan yang diatur dalam SK Penerimaan Mahasiswa Baru.

Seluruh biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.

C. Registrasi Mahasiswa

Setiap awal semester, mahasiswa yang akan aktif mengikuti kegiatan akademik dan kegiatan lain di STIK Muhammadiyah Pontianak wajib mendaftarkan diri/ melakukan regiatrasi. Prosedur registrasi adalah sebagia berikut.

  1. Mahasiswa aktif, memenuhi kewajiban registerasi administrasi sebagai prasyarat registrasi akademik untuk masing-masing semester.
  2. Kewajiban Registrasi administrasi ; membayar SPP dan biaya lain yang telah ditentukan STIK Muhammadiyah Pontianak.
    1. Syarat Pendaftaran :
    • Mahasiswa  baru  telah menerima surat tanda terima sebagai mahasiswa  Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan baik Program Studi S1 Keperawatan maupun Program Studi Diploma III Keperawatan.
    • Mahasiswa lama yang tidak melampaui batas waktu kesempatan belajar.
    • Mahasiswa lama yang tidak dikenakan tindakan-tindakan administratif/akademik oleh pimpinan STIK atau Program Studi (diatur SK tentang Tata Tertib Akademik).
    • Mahasiswa lama yang tidak gugur haknya karena sudah empat semester berturut-turut tidak terdaftar.
    2. Registrasi Administrasi harus dilakukan sesuai waktu yang ditentukan.
    3. Apabila registrasi administrasi sesuai waktu yang ditetapkan tidak dilakukan, mahasiswa dikenakan registrasi terlambat dengan konsekuensi denda. Denda diatur oleh SK Ketua STIK tentang registrasi terlambat.
    4. Batas registrasi administrasi terlambat maksimal 3 hari.
    5. Bagi calon mahasiswa/mahasiswa lama yang melewati batas waktu registrasi terlambat, tidak diperkenankan melakukan registrasi administrasi dengan konsekuensi tidak diperbolehkan registrasi akademik.
  3. Kewajiban Registrasi Akademik
    • Registrasi Akademik  harus dilakukan sesuai waktu yang ditentukan.
    • Apabila registrasi akademik sesuai waktu yang ditetapkan tidak dilakukan, (paling lambat 1 (satu) hari setelah waktu registrasi) mahasiswa dikenakan registrasi terlambat dengan konsekuensi denda.
    • Batas registrasi akademik  terlambat maksimal 2 (dua) hari.
    • Bagi calon mahasiswa/mahasiswa lama yang melewati batas waktu registrasi terlambat, maka mahasiswa dinyatakan tidak  terdaftar sebagai mahasiswa pada semester berjalan.
    • Syarat untuk melakukan pendaftaran akademik ialah mahasiswa yang bersangkutan telah  melakukan pendaftaran administrasi (registrasi administrasi).
    • Tujuan registrasi akademik adalah untuk memperoleh hak mengikuti kegiatan akademik.
    • Tata cara registrasi akademik adalah:
      1. Mengisi rencana studi dengan memilih mata kuliah yang akan ditempuh pada semester yang bersangkutan.
      2. Mata kuliah berprasyarat baru dapat dipilih, apabila prasyaratnya telah dipenuhi.
      3. Tidak boleh memilih dua atau lebih mata kuliah yang dikuliahkan pada hari atau jam yang sama. ( jadual pengajaran harus ada sebelum registrasi )
      4. Mata kuliah yang dipilih harus harus dicantumkan dalam Kartu Rencana Studi (KRS).
      5. KRS yang telah ditandatangani Pembimbing Akademik harus diserahkan ke sub bagian pendidikan, jika KRS tidak diserahkan maka mengakibatkan mahasiswa yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai peserta kegiatan akademik (tidak berhak mengikuti perkuliahan dan Ujian).
      6. Perubahan KRS dapat dilakukan dalam jangka waktu yang ditetapkan untuk setiap semester dengan tetap memperhatikan tata cara tersebut diatas. (maksimal 1 minggu perkuliahan berjalan). Bila melewati batas waktu yang ditentukan maka mata kuliah awal yang akan diproses lebih lanjut.
  4. Mahasiswa yang aktif kembali dari cuti:

    • Mengurus  surat ijin aktif kembali dari Ketua STIK
    • Membayar SPP dan biaya lainnya yang telah ditetapkan untuk semester yang akan ditempuh sebagai kewajiban administrasi dan melakukan registrasi akademik sesuai peraturan yang berlaku (point 3)

    D. Penerimaan Mahasiswa Pindahan / Transfer

    Mahasiswa pindahan / transfer adalah mahasiswa yang mengajukan pindah dari perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta. Syarat syarat pindah adalah sebagai berikut:

    1. Minimal menjalani studi pada perguruan tinggi asal  dua (2) semester
    2. Memperoleh salinan nilai dengan IPK minimal  2,0
    3. Memperoleh surat izin pindah dari pimpinan perguruan tinggi asal
    4. Menyampaikan alasan pindah secara tertulis
    5. Melampirkan izasah pendidikan terakhir
    6. Mengumpulkan pas photo 4 x 6 empat ( 4 ) lembar

    Prosedur pindah adalah sebagai berikut.

    1. Mahasiswa menyampaikan surat permohonan pindah disertai surat rekomendasi dari perguruan tinggi asal kepada perguruan tinggi yang dituju
    2. Program studi yang akan dituju melakukan kajian / pertimbangan kelayakan penerimahan mahasiswa tranfer
    3. Setelah dinyatakan dapat diterima mahasiswa tersebut wajib registrasi administrasi ; membayar SPP dan biaya lain yang telah ditentukan STIK Muhammadiyah Pontianak.
    4. Registrasi Administrasi dan akademik harus dilakukan sesuai waktu yang ditentukan.
    5. Syarat untuk melakukan pendaftaran akademik ialah mahasiswa yang bersangkutan telah  melakukan pendaftaran administrasi (registrasi administrasi).
    6. Tujuan registrasi akademik adalah untuk memperoleh hak mengikuti kegiatan akademik.

    E. Cuti Kuliah

    Yang dimaksud cuti kuliah adalah menunda/berhenti sementara waktu dari semua kegiatan akademik dan kegiatan lain di Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak untuk jangka waktu tertentu dengan seizin Ketua STIK

    1. Izin cuti akademik atau pemberhentikan studi sementara diberikan oleh ketua STIK atas permohonan mahasiswa yang bersangkutan karena alasan yang sah dan dapat dipertanggung jawabkan seperti :
      • Sakit dan harus istirahat sesuai dengan surat keterangan dokter.
      • Kesulitan ekonomi/keuangan  berdasarkan surat keterangan lurah/camat.
      • Perencanaan pendidikan akademik yang telah dikonsultasikan kepada PA
    2. Mahasiswa mengajukan cuti Akademik kepada Ketua STIK melalui kepala BAAK
    3. Izin diberikan paling lama 2 semester jika diajukan pada semester ganjil, dan mahasiswa hanya diperbolehkan cuti paling lama 4 (empat) semester, dan tidak boleh diambil secara berurutan.
    4. Masa cuti akademik tidak diperhitungkan sebagai atau bagian dari masa studi (10 semester Prodi D III Keperawatan dan 14 semester Prodi S1).
    5. Mahasiswa yang akan cuti kuliah harus mengajukan izin kepada Ketua STIK melalui Bagian Akademik dengan melampirkan:
      • Surat permohonan izin cuti kuliah yang telah disetujui dan ditandatangani oleh Pembantu Ketua Bidang Akademik
      • Foto kopi kartu tanda mahasiswa terakhir
      • Surat keterangan bebas perpustakaan
      • Bukti pembayaran/ kuitansi pembayaran uang administrasi cuti kuliah
      • Menemui Pembimbing Akademik (PA) untuk menjelaskan rencana cuti.
      • Setelah disetujui dan mendapatkan rekomendasi PA, mahasiswa mengajukan permohonan cuti kepada Prodi dengan mengisi formulir yangdisediakan prodi.
      • Formulir cuti diserahkan ke Bagian Akademik (Waket  Bidang Akademik)
    6. Mahasiswa yang disetujui izin cuti akademik  diwajibkan mendaftar ulang selama cuti/ setiap semesternya (uang administrasi cuti kuliah sebesar 25% dari SPP Se-mesteran berjalan, untuk mempertahankan status mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak)
    7. Mahasiswa boleh mengambil cuti akademik setelah mengikuti kegiatan akademik sekurang-kurangnya dua semester.
    8. Surat izin cuti kuliah diajukan selambat-lambatnya 2 minggu sebelum hari pertama registrasi administrasi
    9. Mahasiswa yang mengambil cuti akademik tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik.
    10. Izin cuti akademik tidak diberikan kepada mahasiswa yang akan di drop out atau diskorsing.
    11. Izin cuti akademik tidak berlaku surut.
    12. Mahasiswa dapat mengambil surat cuti kuliah yang dikeluarkan Ketua STIK dua minggu setelah permohonan cuti diajukan.
    13. Hak cuti kuliah diberikan kepada mahasiswa:
      • Berstatus sebagai mahasiswa aktif
      • Telah aktif minimal satu tahun ajaran/akademik
    14. Perpanjangan cuti kuliah harus menyertakan kembali surat permohonan cuti dari    Program studi diketahui oleh Puket I
    15. Izin aktif kembali
      • Permohonan izin aktif kembali diajukan sesuai jadual registrasi yang tercantum dalam kalender akademik
      • Mahasiswa yang ingin aktif kembali dan ingin mengikuti kegiatan akademik dapat mendaftar kembali dengan mengajukan permohonan kepada Ketua STIK, baik sebelum berakhir masa cuti maupun sesudah habis masa cuti.
      • Surat izin aktif kembali dapat diambil mahasiswa yang bersangkutan 1 (satu) minggu setelah permohonan aktif kembali diajukan.
      • Surat permohonan aktif kembali diajukan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum registrasi administrasi

Info STIK Muhammadiyah Pontianak | civitas akademika stik muhammadiyah pontianak & badan pembina harian, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 h minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir & bathin.