• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

Sejarah

Sejarah

             Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak pada awalnya dimotori oleh Akper Muhammadiyah pada usianya yang ke-13 tahun. Melihat persaingan dan kebutuhan tenaga  perawat  profesional, maka ada keinginan untuk mencetak calon tenaga perawat pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SI Keperawatan.  Tahap persiapan pendirian STIK dimulai dengan studi kebutuhan, SWOT analysis, dan pemikiran yang matang. Melalui penjaringan dan sosialisasi pentingnya pendirian institusi pendidikan S1 keperawatan di Pontianak melalui lokakarya nasional tentang Peranan Pendidikan Tinggi di Indonesia yang dihadiri Ketua Konsorsium Ilmu  Kesehatan Indonesia (KIKI) yaitu Prof. Ma’rifin Husen, Sp.FK dan Ketua PPNI Pusat , maka dimulailah tahap demi tahap pengembangan strategi pendirian STIK ini. Kegiatan ini telah  divisitasi  dari   Dinas Kesehatan Provinsi  Kalbar,  Dinas Pendidikan Kalbar , dan PPNI  Pusat maupun Daerah.

Berkat kerjasama dan dukungan panitia, BPH dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat  serta melalui  proses  administratif yang  panjang, maka terbitlah surat pertimbangan pendirian STIK dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada bulan Februari 2006. Setelah itu disusul dengan surat izin operasional No. 88/D/O/2006 tanggal 15 Juli 2006. Berdasarkan izin tersebut program S1 Keperawatan dapat diselenggarakan mulai tahun akademik 2006/2007 dengan tetap menyelenggarakan program pendidikan jenjang diploma III Keperawatan.

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak merupakan pendidikan keperawatan yang akan menghasilkan tenaga perawat profesional. Lulusan perawat profesional akan memiliki landasan kemampuan tinggi terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan keperawatan serta sikap profesional yang memadai.  Dalam rangka mewujudkan lulusan menjadi tenaga  profesioanl diperlukan penerapan kurikulum pendidikan melalui berbagai bentuk pengalaman proses belajar dan mengajar, dan pencapaian kemampuan klinik yang dilaksanakan sesuai dengan  tatanan yang nyata, terstruktur dan atau terprogram.  Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah yang akan diselenggarakan adalah institusi pendidikan yang ingin menjadikan lulusan peserta didik berkepribadian muslim yang menguasi teknologi canggih dibidangnya dan bergerak secara dinamis.

Logo STIK Muhammadiyah Pontianak

Filosofi

             Filosofi yang menjadi landasan dari STIK Muhmammadiyah Pontianak adalah Profesional dan Islami. STIK Muhammadiyah mendukung  keyakinan  perguruan tinggi Muhammadiyah dengan merefleksikan nilai-nilai dasar pendidikan, bertanggung jawab, profesional dan karier pendidikan untuk membangun kiat dan ilmu, pelayanan kepada umat yang berdasarkan pada pencapaian potensial pembelajaran secara maksimal. STIK Muhammadiyah Pontianak juga percaya bahwa hanya dalam nilai-nilai Dinul Islam tujuan pendidikan dapat dicapai untuk menghasilkan lulusan yang berhasil duniawi dan ukhrawi.


Info STIK Muhammadiyah Pontianak | civitas akademika stik muhammadiyah pontianak & badan pembina harian, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1438 h minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir & bathin.