• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

Sistem Penyelenggaraan Pembelajaran

A. Perencanaan Kuliah

  1. Pengisian rencana kuliah mahasiswa baru
    Bagi mahasiswa baru, rencana kuliah yang akan ditempuh pada semester pertama ditentukan secara paket sks, sebanyak 18—24 SKS untuk Prodi D III dan 15– 21 SKS untuk Prodi S1 Keperawatan. Mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi tinggal mengambil jadual kuliah yang telah disediakan di bagian akademik atau akan dibagikan pada saat diselenggarakan penjelasan prodi pada waktu yang ditentukan.
  2. Pengisian rencana kuliah mahasiswa lama yang aktif kuliah
    Syarat-syarat:
    • Melunasi semua kewajiban keuangan yang telah ditetapkan
    • Berkonsultasi kepada dosen pembimbing akademik mengenai rencana kuliah pada semester yang akan dijalani
    • Melakukan revisi pengambilan mata kuliah bila diperlukan, dengan sepengetahuan dosen pembimbing akademik (PA) satu minggu setelah kegiatan belajar mengajar dimulai sampai dua minggu dihitung dari tanggal dimulainya belajar mengajar pada semester itu.
    • Sesudah masa revisi selesai, tidak diizinkan melakukan perubahan mata kuliah.
  3. Pengisian rencana kuliah bagi mahasiswa setelah cuti kuliah /aktif kembali
    Syarat-syarat:
    • Membawa surat keterangan aktif kembali dari Ketua STIK, disampaikan kepada Ketua Program Studi
    • Melunasi semua kewajiban keuangan yang telah ditetapkan
    • Berkonsultasi kepada PA mengenai rencana kuliah pada semester yang akan dijalani.
    • Melakukan revisi pengambilan mata kuliah bila diperlukan, dengan sepengetahuan dosen pembimbing akademik satu minggu setelah kegiatan belajar mengajar dimulai sampai dua minggu dihitung dari tanggal dimulainya belajar mengajar pada semester itu.
    • Sesudah masa revisi selesai, tidak diizinkan melakukan perubahan mata kuliah.

B. Pengajuan dan Pengambilan Rencana Kuliah

Mahasiswa diharuskan melakukan pengajuan rencana kuliah pada setiap awal semester yang bersangkutan sesuai waktu yang telah ditentukan. Mahasiswa yang tidak mendaftar pada waktu yang telah ditentukan tidak berhak mengikuti kuliah dan ujian pada semester tersebut.

C. Pengambilan Mata Kuliah

Pengambilan mata kuliah yang dipilih pada setiap semester dikonsultasikan kepada dosen pembimbing akademik pada waktu yang telah ditentukan. Untuk membantu dan memudahkan mahasiswa merencanakan studinya disusun pedoman urutan mata kuliah untuk tiap semester.

D. Ketentuan pengambilan SKS

  1. Penentuan jumlah pengambilan SKS mahasiswa didasarkan hasil penggabungan Indeks Prestasi Semester (IPS) dengan Prestasi Kumulatif (IPK) dengan menggunakan formula tertentu yang sudah ditentukan oleh STIK Muhammadiyah Pontianak. Mahasiswa dapat melihat jumlah SKS maksimal yang dapat diambil pada semester tersebut dengan memperhatikan Indeks Prestasi (IP). Formulanya adalah sebagai berikut:
    a. IP lebih dari atau sama dengan 3,00 dapat mengambil 24 SKS
    b. IP 2,50 — 2,99 dapat mengambil 22 SKS
    c. IP 2,00 — 2,49 dapat mengambil 20 SKS
    d. IP 1,50 — 1,99 dapat mengambil 18 SKS
    e. IP kurang dari 1,50 dapat mengambil 15 SKS
    Karena alasan teknis untuk Program Studi Diploma III pengambilan SKS per semester secara paket, sehingga tidak memperhatikan indeks prestasi kumulatif pada semester sebelumnya. Mahasiswa diperbolehkan mengambil semua mata kuliah yang ditawarkan pada semester yang akan ditempuh.
  2. Batas minimal SKS yang dapat diambil oleh mahasiswa adalah 12 SKS.
  3. Batas maksimal yang dapat diambil oleh mahasiswa adalah 24 SKS.
  4. Pengambilan SKS untuk mahasiswa aktif kembali berdasarkan gabungan IP Semester terakhir aktif dengan IPK aktif.
  5. Mata kuliah non SKS tidak diperhitungkan sebagai beban pengambilan SKS, tetapi mahasiswa harus tetap melakukan pengisian rencana studi/kuliah non SKS (sebagai contoh: TOEFL)
  6. Mata kuliah yang harus diambil adalah mata kuliah yang belum lulus pada semester-semeter sebelumnya, jika pada semeter tersebut mata kuliah itu ditawarkan.

E. Penilain hasil belajar (PHB)

Penilaian Hasil Belajar (PHB) adalah kegiatan yang terus menerus dan berkessinambungan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas perubahan perilaku pada diri mahasiswa akibat proses pendidikan. Untuk Selengkapnya dapat dilihat didalam buku panduan akademik.


Info STIK Muhammadiyah Pontianak | 1 ramadhan 1438h jatuh pada sabtu pahing, 27 mei 2017 masehi & 1 syawal 1438h jatuh pada hari ahad legi, 25 juni 2017 masehi.