• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

Muhammadiyah

Pengajian Rutin STIK Muhammadiyah Pontianak

Ideologi Muhammadiyah merupakan prinsip dasar yang menggambarkan tentang kemuhammadiyahan adalah Ideologi Gerakan Muhammadiyah dapat dipahami dalam beberapa dimensi dan esensi pemikiran serta aksi gerakan sebagai berikut:

  1. Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan sistem paham dan teori perjuangan yang dilandasi, dijiwai dan dibingkai serta dimaksudkan untuk mengamalkan Islam dalam seluruh kehidupan umat manusia.
  2. Ideologi gerakan Muhammadiyah ialah manhaj (sistem, metode) dakwah Islam untuk mengajak manusia beriman kepada Allah serta amar ma’ruf nahi munkar.
  3. Ideologi gerakan Muhammadiyah ialah sistem dan teori perjuangan Islam untuk Tajdid (pembaruan) sehingga slalu terbuka pada kritik dan memiliki agenda perubahan kea rah kemajuan.
  4. Ideologi gerakan Muhammadiyah memiliki kerangka pemikiran dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammdiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup muhammadiyah, Khittah Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, dan pemikiran-pemikiran formal lainnya dalam sistem keyakinan dan kehidupan Islami dalam Muhammadiyah.
  5. Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan teori dan strategi perjuangan Islam yang menyeluruh dan mencakup seluruh aspek kehidupan untuk mewujudkan Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
  6. Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan tali pengikat gerakan yang diwujudkan dalam sistem organisasi, jama’ah, kepemimpinan, dan gerakan amal usaha untuk menjadikan Islam sebagai rahmatan lil-‘alamin di muka bumi ini.

Dalam memahami dan meletakkan Muhammadiyah sebagai gerakan Ideologis gerakan Muhammadiyah, maka perlu dipahami dua esensi utama yang menjadi bangunan dasar cara berpikir seluruh warga muhammadiyah dan sekaligus sebagai kata kunci Ideologi gerakan Muhammadiyah yaitu :

Pengajian STIK Muhammadiyah Pontianak

Pengajian STIKMuhPtk

Pertama, bahwa Islam haris disistematisir ke dalam sistem gerakan dalam enam dimensi ideologis yaitu sebagai

1)    landasan dan ruh utama gerakan

2)    sumber nilai dan norma

3)    sistem dan metode gerakan

4)    paradigma pemikiran, teori dan konsep

5)    mizan dan pengendali gerakan

6)    format etika dan etos gerakan.

 

Kedua, bahwa Masyarakat Islam sebagai cita-cita social yang diidam-idamkan haruslah dipahami dan diterjemahkan dalam lima aspek ideologis yaitu:

1)    tujuan gerakan yang harus dicapai dengan teori dan strategi perjuangan yang mantap

2)    wujud cita-cita social yang akan dituju sekaligus menjadi tuntutan untuk disosialisasikan ke masyarakat luas

3)    tipe ideal masyarakat sebagai wujud  rahmatan lil-‘alamin

4)    identitas kolektif yang menghimpun seluruh potensi dan kekuatan massa organisasi

5)    format peradaban yang terkait dengan pembentukan masyarakat Islam atau masyarakat madani.

 

Berkaitan dengan teori diatas pemateri kali ini adalah DR. PABALI MUSA. yang menerangkan bahwapenguatan ideologi muhammadiyah memuat 5 tujuan hidup, dengan terbatasnya waktu DR. PABALI MUSA hanya menerangkan tentang "aspek hidup manusia harus berdasarkan tauhid, bertuhan beribadah hanya tunduk kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Menjelaskan tentang Tahayul, Bid'ah, dan Khurafat (TBC) adalah "tiga sekawan kebatilan" yang masih hidup di kalangan umat Islam. Islam melarang ketiganya."

Demikian dokumentasi kegiatan pengajian 24 maret 2017. (doc. Unit IT).

  • By webmasterstik
  • 24 Maret 2017
  • 294
  • kemuhammadiyahan

Komentar Pengunjung

Kirim Komentar Anda....!

Kategori

Berita Terbaru

Pelatihan Cdwcn Pese...

CERTIFIED DIABETIC WOUND CARE NURSE, 30th OCTOBER UNTIL 23rd NOVEMBER, 2017 AT T...

Pengumuman Hasil Uji...

Posted On: 24 November 2017 at 11:40:55 Sesuai dengan Surat Keputusan Pani...

Seminar Caregiver (s...

Bagis kalian perawat yang baru lulus, ataupun mahasiswa semester akhir kunjungi,...

Berita Terkait

Pada hari Jum'at, 15 Februari 2013 STIK Muhammadiyah Pontianak melaksanakan penanaman pohon di area kampus dengan tema STIK Muhammadiyah Pontianak Go Green, Sesuai dengan program pemerintah yaitu...

Read more

Badan Pembina Harian STIK Muhammadyah Pontianak beserta jajarannya melangsungkan kegiatan yang bertajuk Joint International Seminar dengan tema “Internationalizing Muhammadiyah’s Human Res...

Read more

Berita Photo