• (0561) 711837
  • admin@stikmuhptk.ac.id
  • Contact

STIK Info

Workshop Item Review, Item Development & SIPENA IBA STIK Muhammadiyah Pontianak

     Upaya peningkatan lulusan tenaga keperawatan khususnya lulusan Diploma III Keperawatan menjadi perhatian semua komponen, termasuk STIK Muhammadiyah Pontianak. Sistem uji kompetensi bagi lulusan harus disikapi dengan arif melalui persiapan bersama-sama. Proses sistem evaluasi harus melibatkan komponen yang dari berbagai lapisan, sehingga perlu masukan bahan uji yang terstandar, baik kualitas maupun manajemen pengelolaan soal sesuai standar kompetensi yang diharapkan.

       Ketua pelaksana Dr. Lidia Hastuti, APP., M.Kes. mengungkapkan bahwa proses pembuatan soal memerlukan kaidah yang harus dipahami oleh dosen untuk mempersiapkan soal di tingkat institusi sesuai dengan pola uji kompetensi, harapannya soal-soal dari STIK Muhammadiyah dapat memasok soal ketingkat nasional dengan kualitas baik soal yang memenuhi kualitas soal sesuai dengan keilmuan dan blue print kompetensi Diploma III dan S1. Soal-soal yang disusun hari ini adalah suatu bentuk “karya dosen untuk mahasiswa”. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan persentasi kelulusan UKOM di STIK Muhammadiyah Pontianak.

Masfuriskpmn

Pembicara (Masfuri, S.Kp., MN.)

        Untuk itu keperawatan perlu penguatan kembali tentang item development, item review sehingga lulusan Keperawatan di STIK Muhammadiyah sudah terpapar terhadap model soal uji kompetensi dan lebih mudah beradaptasi pada pelaksanaan uji kompetensi secara nasional. Ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan, dan ini adalah kegiatan yang ketiga kalinya setelah tahun 2013, 2015 dan tahun ini.

          Upaya pelaksanaan sistem ujian yang kredibel, efektif dan efisien membutuhkan mekanisme pengembangan soal yang berjenjang mulai institusi, regional selanjutnya juga ketingkat nasional diperlukan sistem pengelolaan bank soal terkomputerisasi yang sangat baik dari segi keamanan, maupun kemudahan proses administrasinya dengan piranti lunak dan keras yang memadai sehingga diperlukan pelatihan pengelolaan soal melalui sistem IBA (Item Bank Administration), bagi dosen keperawatan, serta terkelolanya persepsi yang sama tentang standar setting kelulusan.

nkj fgsg

         Harapan terbesar adalah bahwa dengan berbagai upaya yang dilakukan dari institusi akan diikuti dengan usaha mahasiswa/alumni untuk lebih serius belajar agar dapat lulus uji kompetensi nasional, dan memperoleh sertifikat lulus UKOM sebagai salah satu syarat untuk memperoleh surat tanda registrasi (STR). Bagi alumni yang belum lulus UKOM akan mendapat bimbingan khusus dari kampus, untuk itu diharapkan proaktif dari alumni untuk selalu berkomunikasi dengan pihak kampus, BAAK di masing-masing Prodi (iBu Tuti, Bapak Kasroni dan Bapak Syamsul). Berikutnya akan ada bimbingan materi dan strategi dalam Uji Kompetensi dari masing-masing program studi.

hfgn hrrf

           Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari  Kamis dan Jum'at, 18-19 Mei 2017 (Pukul 08.00-21.00) dengan Nara sumber Bapak Masfuri, SKp. MN, sebagai sekretaris LPUK dan PPNI Pusat, akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Try out internal untuk mahasiswa tingkat akhir dari masing-masing program studi dalam waktu dekat, untuk menganalisis kemampuan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa/alumni.

peserta

       Berikutnya     juga  harus  dipersiapkan   lebih  baik  lagi     untuk  meningkatkan  sarana  sarana  dalam  UKOM  berbasis  komputer. STIK Muhammadiyah Pontianak telah menjadi tempat pelaksanaan Computer Base Test (CBT) centre di Kalimantan Barat untuk Prodi S1 dan dalam waktu dekat Prodi D3 juga akan melaksanakan UKOM dari Paper Base Test (PBT) menjadi CBT.

      Selamat berkarya Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak semoga Allah SWT membalas segala kebaikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan di Kalimantan Barat.

 

Doc. DR. Lidia Hastuti, M.Kes.

  • By webmasterstik
  • 18 Mei 2017
  • 70
  • cbt,prodi-diii,prodi-profesi,prodi-s1

Komentar Pengunjung

Kirim Komentar Anda....!

Kategori

Berita Terbaru

Workshop Item Review...

     Upaya peningkatan lulusan tenaga keperawatan khususnya ...

Pengumuman Tes Keseh...

Berdasarkan hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2017/2018, Tes Kesehatan...

Pengumuman Hasil Sel...

Berdasarkan hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2017/2018, Ujian Tes Kes...

Berita Terkait

  Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak untuk Tahun Akademik 2016/2017 kembali melaksanakan kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2016 (PKKMB) atau y...

Read more

Hari ini STIK Muhammadiyah Pontianak mulai melaksanakan serangkaian kegiatan pelaksanaan uji kompetensi untuk lulusan perawat Diploma III. STIK Muhammadiyah Pontianak di tunjuk sebagai Tempat Uji Komp...

Read more

Berita Photo