Profil STIK Muhammadiyah Pontianak

Profil STIK Muhammadiyah Pontianak

29 Desember 2017,

SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN (STIK) MUHAMMADIYAH PONTIANAK

 

MUKADIMAH

 

Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan Negara yang termaktub dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945. Sebagai salah satu komponen pendiri Bangsa Indonesia, Muhammadiyah berkewajiban turut mencerdaskan kehidupan bangsa bersama komponen-kompenen lain di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah amar makruf nahi munkar dengan maksud dan tujuan menegakan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya bersumber pada Al-Qur’an dan Sunah Rasul. Pendidikan merupakan salah satu kegiatan untuk mencapai tujuan Persyarikatan Muhammadiyah. Falsafah pendidikan dalam pandangan Muhammadiyah adalah penyiapan lingkungan yang memungkinkan seseorang tumbuh sebagai manusia yang menyadari kehadiran Allah SWT sebagai Rabb dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).

Sekolah Tinggi Ilmu keperawatan Muhammadiyah Pontianak didirikan pada tahun 2006 berdasarkan izin dari Mendiknas Nomor: 88/D/0/2006, tanggal 15 Juni 2006, yang merupakan konversi dari Akademi Keperawatan Muhammadiyah Pontianak yang berdiri pada tahun 1992 oleh Persyarikatan Muhammadiyah Pontianak dengan program studi DIII Keperawatan dibawah naungan Departemen Kesehatan, sekarang ini Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan  Muhammadiyah Pontianak mempunyai tiga program studi yaitu Prodi Ners yaitu Tahap Akademik dan Tahap Profesi Keperawatan serta Diploma III Keperawatan.

Sekolah Tinggi Ilmu keperawatan Muhammadiyah Pontianak berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya lulusan yang bermutu. Dalam rangka mendukung lulusan yang bermutu tersebut melalui proses pendidikan yang berkualitas.  Pendidikan yang lakukan berupa pendidikan sarjana keperawatan dengan prodi DIII dan S1 Keperawatan yang merupakan dasar atau pondasi pendidikan keperawatan melalui kiat, ilmu, seni, perilaku, biofisika, dan program pendidikan ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis, bertanggung jawab, dan berkomunikasi secara efektif, terarah, dan terukur.  Hal ini sesuai dengan Motto yang berbunyi; Professional, Competitive and Islamic. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, saat ini telah dikembangkan metode Tutorial yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menganalisa suatu materi pembelajaran.

Pendidikan keperawatan tidak hanya meliputi pembelajaran di kelas dan laboratorium tetapi juga dilakukan di lapangan atau lahan praktik seperti Klinik-klinik atau Balai Pengobatan, Puskemas-puskesmas, dan Rumah Sakit-rumah sakit, serta di Komunitas. Pendidikan keperawatan ini mencakup praktek keperawatan professional yanng bercerminkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Praktek keperawatan professional adalah merupakan proses pembelajaran klinis yang terus menerus dilakukan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Dalam rangka peningkatan pendidikan  tersebut maka pada tahun ini kami telah melengkapi sarana pembelajaran yaitu berupa penambahan ruangan kelas, Mini Hospital Laboratorium Bio Medis dan Laboratorium Komputer yang digunakan untuk Uji Kompetensi bagi Perawat serta kegiatan lain yang berhubungan dengan penggunaan Informasi Teknologi. Kami juga memberikan Fasilitas pendukung kegiatan belajar lainnya berupa penggunaan akses internet oleh mahasiswa sehingga mempermudah mahasiswa dalam mencari literatur atau referensi yang diperlukan dalam pembelajaran. Dalam proses pendidikan, STIK Muhammadiyah juga telah menyalurkan Beasiswa bagi Mahasiswa yang berprestasi. Hal ini merupakan komitmen institusi pendidikan STIK Muhammadiyah Pontianak untuk meningkatkan motivasi serta kemampuan ketrampilan mahasiswa sehingga dapat bersaing di dunia kerja nantinya.

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak adalah amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi yang berupaya untuk mencetak kader Muhammadiyah yang cerdas, islami dan profesional demi kemajuan dan kemaslahatan umat manusia. Oleh karena itu STIK Muhammadiyah Pontianak sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan fungsi, tugas dan tanggungjawabnya harus berpedoman kepada statuta. Berkenaan dengan hal tersebut, maka dipandang perlu disusun statuta STIK Muhammadiyah Pontianak sebagai pedoman untuk penyusunan rencana induk pengembangan, rencana strategis sekolah tinggi, pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku dalam rangka penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam kerangka upaya pencapaian tujuan pendidikan tinggi Muhammadiyah.