S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners

S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners

14 Januari 2015, 1235

A. Pendahuluan

   Pendidikan Ners adalah pendidikan yang bersifat akademik profesi yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua tahap pendidikan yang terintegrasi. STIK Muhammadiyah selalu menggunakan landasan professional dan Islami dalam program pendidikannya sehingga akan nampak jiwa keislaman. Program pendidikan yang dilaksanakan mengacu pada paradigma keperawatan Islami dan mempunyai landasan ilmu pengetahuan serta landasan keprofesian yang kokoh. Pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh sifat runtun pada proses pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi keperawatan. Pada program pendidikan profesi terdapat masa penyesuaian professional bagi peserta didik (Sarjana Keperawtan/S.Kep) dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di masyarakat/lapangan dengan menggunakan tatanan pelayanan nyata, khususnya pelayanan keperawatan.

B. Visi

"Menjadi pusat pendidikan tenaga keperawatan professional, islami dan kompetitif yang berdirikan keahlian pegelolaan trauma akut dan kronik pada tahun 2030"

C. Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berfokus pada mahasiswa dalam rangka menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah,memiliki kekokohan intelektual, berpikir kritis dan caring terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik. 

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik.

3.  Menyelenggarakan pengabdian yang berkualitas kepada masyarakat terutama pada bidang pengelolaan trauma akut dan kronik dengan melibatkan peran serta masyarakat.

D. Tujuan

1. Menyediakan sarana dan prasarana  yang memadai bagi peserta didik untuk  proses pembelajaran dan  mampu  mandiri   

2. Menyiapkan bahan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan keilmuan khusus yang mencirikan keunggulan pada bidang luka, stoma, inkontinensia dan keperawatan kritis

3. Melaksanakan proses pembelajaran dengan penuh disiplin, menfasilitasi kreativitas  dan inovatif, pembelajaran  pemecahan masalah dan aktif  guna mengembangkan  kapabilitas sehinga mampu berpikir kritis.

4. Melaksanakan proses pembelajaran dengan kegiatan mentoring dan lainnya  pada kebutuhan spiritual secara rutin untuk mengembangkan karakter atau jiwa yang tangguh sehingga memiliki pribadi caring dan bermoral tinggi.

5. Menyiapkan  sumber-sumber  yang memudahkan dalam kegiatan  penelitian dan menciptakan kondisi ilmiah dan kompetitif 

6. Melaksanakan pemanfatan hasil penelitian yang berbasis bukti untuk  aktivitas dalam pelayanan  kesehatan      

Menyiapkan dan memudahkan sumber-sumber untuk kegiatan pada pengabdian kepada masyarakat   dan berperan secara aktif bersama masyarakat dalam menuntaskan masalah kesehatan.

E. Sasaran

1. Terlaksananya proses pembelajaran yang menggunakan berbagai metode yang sesuai dan menerapkan proses pembelajaran yang aktif dan mandiri

2. Terwujudnya kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang memenuhi kompetensi dengan ciri kekhususan

3. Terwujudnya lingkungan kampus yang kondusif, mendukung kreatifitas dan inovatif, ilmiah dan Islami

4. Terlaksananya penelitian-penelitian yang mampu berkompetitif dan menghasilkan produk yang dimanfaatkan oleh masyarakat

Terlaksananya pengabdian masyarakat dengan pembinaan dan kegiatan promosi, prevetif dan  mengatasi  masalah kesehatan  di masyarakat

 

STRUKTUR ORGANISASI

SO S1

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SETIAP POSISI

Ketua Program Studi

Tugas Pokok:

Ketua Program Studi Ners bertindak sebagai penanggung jawab dalam penyelenggaraan program pendidikan akademik dan profesi keperawatan untuk mencapai tujuan organisasi pendidikan STIK Muhammadiyah Pontianak sebagaimana tercantum dalam misi dan visi organisasi. Tanggung jawab Ketua Program Studi Ners sesuai dengan peran dan fungsinya mencakup lima fungsi manajemen yaitu dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan staf, pengarahan, dan pengendalian.

  1. Perencanaan

1)      Menyusun rencana strategis program studi bersama-sama dengan sekretaris program studi dan kelompok keilmuan yang terdiri dari koordinator dan kelompok pendidik yang berada dalam tanggung jawabnya sesuai dengan rencana strategis organisasi pendidikan STIK Muhammadiyah Pontianak.

2)      Menyusun rencana operasional program studi

3)      Menyusun rencana kegiatan program studi jangka panjang dan jangka pendek

4)      Menetapkan kebijakan, prosedur, dan peraturan dalam lingkup tanggung jawabnya sebagai Ketua Program Studi Ners

5)      Mengusulkan rencana kebutuhan alat, sumber daya, dan anggaran untuk kegiatan operasional program studi, pengembangan staf, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan masukan dari koordinator kelompok keilmuan

6)      Mengusulkan rencana kebutuhan anggaran untuk kegiatan kemahasiswaan yang berhubungan dengan pengembangan organisasi kemahasiswaan, kreatifitas, pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan, dan kegiatan ilmiah sesai dengan masukan dari Himpunan Organisasi Kemahasiswaan pada program studi

 

 

 

  1. Pengorganisasian

1)      Menguraikan dan menetapkan pekerjaan dalam bentuk penugasan sesuai bidang kelompok keilmuan yang akan dilaksanakan dalam mencapai tujuan program studi sesuai dengan kurikulum Ners yang berlaku

2)      Membagi-bagi pekerjaan menjadi tugas untuk setiap kelompok dengan memperhatikan asas kompetensi, keadilan dan proporsional

3)      Menetapkan tanggung jawab untuk setiap posisi kelompok

4)      Menetapkan pola komunikasi dalam pelaksanaan tugas

5)      Menetapkan rentang kendali dalam pelaksanaan tugas

6)      Menetapkan pola pengambilan keputusan

 

  1. Pengelolaan Staf

1)      Melakukan analisis kebutuhan tenaga yang diperlukan untuk mencapai tujuan program studi

2)      Mengajukan kebutuhan tenaga berdasarkan hasil analisis

3)      Menyosialisasikan secara berkala nilai-nilai dan norma-norma organisasi kepada staf program studi

4)      Mengusulkan pendidikan berjenjang dan berkelanjutan bagi staf prodi untuk meningkatkan kompetensi dan memenuhi kebutuhan pencapaian kurikulum pembelajaran

5)      Melakukan rotasi penugasan untuk kegiatan program studi yang tidak berhubungan langsung dengan kompetensi dalam pembelajaran

 

  1. Pengarahan

1)      Komunikasi

-          Memimpin rapat/pertemuan rutin program studi

-          Membuat alur dan menyediakan media komunikasi untuk memastikan setiap informasi penting sampai kepada seluruh staf program studi

-          Menetapkan model komunikasi

2)      Motivasi

-          Memberi penghargaan

-          Menetapkan sanksi pelanggaran sesuai alur yang dibuat oleh STIK Muhammadiyah Pontianak

3)      Pendelegasian

-          Menetapkan tugas/kewenangan yang dapat didelegasikan kepada sekretaris program studi, koordinator Kelompok Keilmuan, dan staf pengajar

-          Memberikan surat penugasan sebagai bukti fisik pendelegasian sebagian tugas

-          Memonitor pelaksanaan pendelegasian tugas dan memberi umpan balik

4)      Pemberdayaan

-          Sosialisasi dan infiltrasi pemahaman visi misi program studi Ners/STIK Muhammadiyah Pontianak kepada staf minimal dalam setiap pertemuan/rapat

-          Memberikan sebagian kewenangan kepada staf dalam pengambilan keputusan dan bertindak untuk situasi yang lazim terjadi dalam organisasi STIK Muhammadiyah Pontianak

5)      Manajemen konflik

-          Menyusun mekanisme penyelesaian konflik yang terjadi dalam organisasi program studi (Staf/staf pengajar/peserta didik)

-          Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam organisasi program studi Ners

-          Membuat catatan/laporan mengenai konflik yang terjadi dan hasil penyelesaian

 

  1. Pengendalian

1)      Pengendalian mutu program studi

-          Melaksanakan reviu pelaksanaan dan pencapaian program pembelajaran baik bersama-sama maupun individual

-          Menganalisis laporan umpan balik program pembelajaran dari peserta didik dan menindaklanjuti hasil tersebut

-          Menandatangani laporan program kendali mutu yang disusun oleh sekretaris program studi untuk disampaikan kekpada Ketua Bidang Penjaminan mutu

 

 

2)      Penilaian kinerja

-          Memberikan penilaian kinerja kepada staf yang berada dalam lingkup program studi Ners sesuai dengan lingkup kerja dan tanggung jawab sebagaimana ditetapkan oleh STIK MUhammadiyah Pontianal

-          Melaksanakan supervisi melalui analisis dokumen dan/atau observasi langsung

3)      Disiplin

-          Memastikan peraturan dan tata tertib institusi dilaksanakan oleh setiap bagian sebagaimana yang tercantum dalam panduan yang dibuat oleh STIK Muhammadiyah Pontianak

 

4)      Sanksi

-          Menetapkan sanksi atas pelanggaran peraturan dan tata tertib setelah melalui proses konsultasi dengan pemimpin STIK Muhammadiyah Pontianak

 

  1. Sekretaris Program Studi

Tugas Pokok:

Membantu ketua program studi dalam hal mengoordinir penyelenggaraan program pendidikan akademik dan profesi keperawatan untuk mencapai tujuan organisasi pendidikan STIK Muhammadiyah Pontianak sebagaimana tercantum dalam misi dan visi organisasi.

  1. Menyusun kalender akademik setiap semester
  2. Menyiapkan rapat akademik pada awal dan akhir semester serta pertemuan rutin/incidental program studi Ners
  3. Membuka dan menutup rapat akademik pada tingkat program studi serta membuat risalah hasil rapat
  4. Menyusun jadwal kegiatan rutin program studi
  5. Membuat rekapitulasi hasil evaluasi dan umpan balik peserta didik untuk program pembelajaran
  6. Menyusun laporan pendidikan pada akhir semester berdasarkan data/masukan dari koordinator kelompok keilmuan
  7. Menyusun rancangan pengajuan anggaran program studi sesuai dengan masukan/permintaan dari koordinator kelompok keilmuan dan kebutuhan operasional program studi
  8. Menyusun dan menyimpan dokumen
  9. Koordinator Kelompok Keilmuan

Tugas Pokok:

Koordinator Kelompok Keilmuan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan program pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat kelompok keilmuan

  1. Menyusun rencana anggaran programpembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan pengajuan dari masing-masing staf anggota kelompok keilmuan
  2. Mendistribusikan tugas pembelajaran pada kelompok keilmuan kepada staf pengajar sesuai dengan prinsip keadilan, proporsional dan kompetensi staf pengajar.
  3. Menyelenggarakan pertemuan rutin kelompok keilmuan sebagai sarana untuk penyampaian informasi, reviu proses pembelajaran, penyelesaian konflik, perencanaan penelitian/pengabdian kepada masyarakat, dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan berbagai situasi dalam kelompok
  4. Mengajukan rancangan anggaran untuk kebutuhan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  5. Membuat rekap hasil pembelajaran dan umpan balik proses pembelajaran yang terjadi dalam kelompok keilmuan
  6. Memonitor pelaksanaan proses penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

 

  1. Kelompok Staf Pengajar

Tugas pokok:

Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sesuai dengan tuntunan visi dan misi program studi

  1. Menyusun rencana kegiatan pembelajaran sesuai dengan mata kuliah yang diampu
  2. Mengembangkan alat dan bahan ajar sesuai dengan mata kuliah yang diampu
  3. Menyusun rencana anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan proses pembelajaran
  4. Mengusulkan kebutuhan kerja sama dengan fihak-fihak yang berhubungan dengan kebutuhan kurikulum dalam mencapai kompetensi baik orang maupun lembaga-lembaga terkait
  5. Menyelenggarakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun dengan memperhatikan prinsip kejujuran, keadilan, keterbukaan dan kompetensi
  6. Melakukan evaluasi formatif dan sumatif sesuai dengan tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum
  7. Melakukan evaluasi terhadap hasil instrumen evaluasi mata kuliah yang diampu
  8. Mengajukan rencana penelitian baik secara berkelompok maupun perorangan kepada Ketua Program Studi Ners melalui koordinator kelompok keilmuan
  9. Melaksanakan penelitian baik secara perorangan maupun kelompok dan/atau melibatkan mahasiswa
  10. Mengajukan rencana pengabdian masyarakat baik secara berkelompok maupun perorangan kepada Ketua Program Studi Ners melalui koordinator kelompok keilmuan
  11. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok dan/atau melibatkan mahasiswa
  12. Mengambil dan menganalisis data umpan balik mahasiswa untuk program pembelajaran, proses pembelajaran dan sistem evaluasi.
  13. Membuat laporan program pembelajaran yang diketahui oleh ketua kelompok keilmuan kepada Ketua Program Studi Ners melalui Sekretaris Program studi Ners
  14. Melakukan bimbingan dan menerima konsultasi peserta didik yang menjadi tanggung jawab sebagai pembimbing akademik
  15. Memonitor dan menindaklanjuti proses pembelajaran peserta didik yang menjadi bimbingan akademik
  16. Tenaga Kependidikan
  17. Menginput data dasar mahasiswa
  18. membuat rekapitulasi dan menginput data kehadiran mahasiswa
  19. menginput nilai mahasiswa berdasarkan laporan pembelajaran setiap staf pengajar
  20. membuat kartu hasil studi
  21. memberikan pelayanan untuk pembuatan kartu mahasiswa
  22. memberi pelayanan adminstrasi/keuangan