AKREDITASI INSTITUSI OLEH BAN-PT  DI STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

AKREDITASI INSTITUSI OLEH BAN-PT DI STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

webmasterstik, 29 Maret 2019, Artikel Pilihan

Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Asesmen lapangan di STIK Muhammadiyah Pontianak. Asesmen lapangan ini dilakukan oleh Asesor BAN-PT yaitu Prof. drg., Armasastra Bahar, Ph.D yang berasal dari Universitas Indonesia dan Dr.Untung Sujianto. Skp., M.Kes yang berasal dari Universitas Diponegoro Semarang.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dimulai pada tanggal 21 s/d 23 Maret 2019 di Aula Ki Bagoes Hadikoesoemo gedung KH. Ahmad Dahlan STIK Muhammadiyah Pontianak.. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Badan Pembina Harian STIK Muhammadiyah Pontianak, Ketua beserta Wakil Ketua Bidang Akademik, Wakil Ketua Bidang Non Akademik, Wakil Ketua Bidang Al Islam Kemuhammadiyah dan Kemahasiswaan, Dosen, Tenaga Kependidikan, Perwakilan Mahasiswa, Alumni, serta Pengguna lulusan.

Asesmen Lapangan ini untuk menilai tujuh standar yang sudah disiapkan STIK Muhammadiyah Pontianak. Ketujuh standar tersebut terdiri dari Standar 1 tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian, Standar 2 tentang Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, Standar 3 tentang Mahasiswa dan Lulusan, Standar 4 tentang Sumber Daya manusia, Standar 5 tentang Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik, Standar 6 tentang Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, serta Standar 7 tentang Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama.

Asesor melakukan Asesmen Lapangan dengan melakukan wawancara ke Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak, Wakil Ketua Bidang Akademik, Wakil Ketua Bidang Non Akademik, Wakil Ketua Bidang Al Islam Kemuhammadiyah dan Kemahasiswaan, Ka Prodi DIII maupun S1 Keperawatan, Kepala Pusat, Kepala Bagian, Perwakilan Dosen, Perwakilan Tenaga Kependidikan, Perwakilan Mahasiswa, Alumni, serta Pengguna lulusan dan melihat kelengkapan sesuai dengan Borang Akreditasi. Asesor juga melakukan peninjauan Gedung dan ruangan-ruangan termasuk ruangan Kelas, Perpustakaan termasuk peninjauan ke Mini Hospital STIK Muhammadiyah Pontianak.

Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D mengatakan bahwa Asesor merupakan perpanjangan tangan dari BAN-PT yang ditugasi memotret lapangan yang akan disampaikan ke BAN-PT. Hasil Akreditasi ini akan dikeluarkan oleh BAN-PT.

Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak Bapak Haryanto, MSN, Ph.D. mengatakan persiapan Akreditasi ini sudah dipersiapkan semaksimal mungkin sesuai dengan 7 Standar pada Borang Akreditasi dan Borang tersebut juga sudah di upload beberapa bulan sebelumnya. Beliau juga berharap Asesmen lapangan ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Ketua Panitia Akreditasi Ns. Lestari Makmuriana, M.Pd., M.Kep. menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Seluruh Civitas atas waktu dan kerja kerasnya sudah mempersiapkan Akreditasi secara maksimal. Beliau juga menyampaikan semua yang dilakukan oleh Seluruhh Civitas merupakan bentuk rasa cinta terhadap kampus STIK Muhammadiyah Pontianak.

 

 

Dokumen: Pusat Humas Promosi dan PMB