Care for society STIK Muhammadiyah Pontianak

Care for society STIK Muhammadiyah Pontianak

webmasterstik, 12 Maret 2021, Artikel Pilihan

Tingkatkan Rasa Persatuan & Kesatuan Bangasa Komunitas Pecinta dan Pelestari Burung Berkicau se Kota Pontianak. Pada masa Pandemi Covid 19 sekarang ini Cinta Tanah Air merupakan hal yang harus ditingkatkan bagi setiap warganegara Republik Indonesia, begitu juga terhadap para komunitas pecinta dan pelestari burung berkicau yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya. Pendidikan Kewarganegaraan baik kepada peserta didik maupun kepada masyarakat umum adalah sebagai usaha untuk menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sesuai ketentuan normative bahwa guna mempertahankan kelangsungan dan kejayaan hidup suatu bangsa dan negara Republik Indonesia, maka setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 27 ayat (3) yang berbunyi “ Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara” dan Undang-Undang No.39 Tahun 1999, tentang Hak Asasi Manusia, pasal 68 “ Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara sesuai dengan peraturan erundang-undanga”.

Guna implementasi dari maksud pasal tersebut di atas, maka setiap warga negara, termasuk masyarakat komunitas pecinta dan pelestari burung berkicau Pontianak mempunyai rasa tanggung jawab untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar tercipta rasa cinta kepada tanah air Indonesia “ We Love Indonesia”. Maka sebagai implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan penyuluhan kepada masyarakat komunitas pecinta dan pelestari burung berkicau se Kota Pontianak yang dilaksanakan di Taman Gitananda (Lapangan Lomba Burung Berkicau) pada tanggal 11 Maret 2021 , dengan agenda kegiatannya ada;ah: Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid 19, Pembagian Masker Gratis, Pembagian Brosur PMB STIK Muhyammadiyah Pontianak,dan Brosur We Love Indonesia, Penyuluhan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Alhamdulilah kami mendapatkan sambutan dan partisipasi dari para pecinta/pelestari burung berkicau Kota Pontianak dengan antusias mengikuti kegiatan, jumlah pesertanya mencapai 312 peserta “ucap Sutrisno.M.Pd ketua Pelaksana PKM. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak, sebagai Lembaga Pendidikan Keperawatan yang ternama di Kalimantan Barat sekaligus merupakan wahana bagi penyampaian pembinaan mahasiswa dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa sehingga meningkatkan rasa nasionalisme pada kalangan generasi muda. Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila memiliki kepedulian terhadap masyarakat komunitas pecinta dan pelestari burung berkicau di Kota Pontianak yang merupakan masyarakat hetrogen yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, budaya dan tingkat sosial ekonomi  yang beraneka ragam.

Tim CFS sedang berfoto

Kami melaksanakan Care For Society (Pengabdian Kepada Masyarakat) di komunitas ini dengan harapan untuk dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa di masa wabah Covid 19. Dalam pelaksanaannya di bantu oleh mahasiswa ,dosen serta staf administrasi yang ada dikampus STIK Muhammadiyah Pontianak dan Kerjasama dengan Eo Yudistira serta tim Juri LKMI Kalimantan Barat yang dipimpin Sutrisno Tresno dan Kank Rama Astialias Sarmadan.

Dalam brosur dan mini book  yang kami bagikan termuat Dasar Negara Republik Indonesia, Hari Besar Nasional, Pahlawan Nasional, Peta Wilayah NKRI” ungkap Dosen Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan ini sembari berharap kepada seluruh komunitas pecinta dan pelestari burung berkicau Pontianak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa walau dimasa pandemi covid 19 ini dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pada setiap aktifitas di mana saja berada. Terimakasih pada STIK Muhammadiyah Pontianak, Para Kicau Mania Pontianak, Eo Yudistira, Tim Juri LKMI Kalbar, mahasiswa , dosen dan staf administrasi  yang terlibat pada acara ini. 

 

Bag. BAAK (Sutrisno.M.Pd)