Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat : Desa Kakap

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat : Desa Kakap

webmasterstik, 22 Agustus 2022, Artikel Pilihan

Dosen STIK Muhammadiyah, Kader Posyandu Dan Puskesmas Kakap Melakukan  Pendampingan Praktik  Dalam Pemberian Makan PadaBalita Dalam Upaya Pencegahan Dan Menurunkan Kejadian Stunting

PKM merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen, sebagai bentuk sumbangsih ilmunya terhadap masyarakat. Salah satu kegiatan PKM dengan melakukan pendampingan sebagai upaya meningkatkanPraktik  Dalam Pemberian Makan PadaBalitayang dilakukan oleh tim dosen keperawatan dan mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak bekerjasama dengan Puskesmas Kakap.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Ns. Lince Amelia, S.Kep., M.Kep. dengan anggota Ns. Dinarwulan Puspita., M.Kep, Ns.Indah Dwi Rahayu,M.Kep, Rikayati, M.Pd beserta mahasiswa STIK Muhammadiyah. Kegiatan ini dilakukan di Posyandu Desa Pal IX.

Ns. Lince Amelia, S.Kep., M.Kep. selaku dosen keperawatan anak STIK Muhammadiyah dan  ketua PKM mengungkapkan kegiatan ini adalah untuk menginformasikan kepada kader tentang pentingnya pencegahan dan penanggulangan stunting, salah satunya adalah dengan meningkatkan  pengetahuan kader  tentang praktik pemberian makan pada Balita.  Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia balita disebabkan oleh gizi kronis yang kurang dalam waktu lama. Kekurangan gizi ini dapat menyebabkan anak menjadi terlalu pendek untuk seusia nya . Kekurangan gizi pada usia dini dapat menyebabkan penderitanya mudah sakit, dan memiliki postur tubuh tidak maksimal saat dewasa. Salah satu  yang mempengaruhi terjadinya stunting adalah asupan gizi.

Pemberian makan yang tepat pada balita, sebagian besar balita memiliki status gizi normal, ibu yang memiliki pemberian makan yang baik, menunjukkan bahwa ibu telah memberikan makanan yang tepat pada balita yaitu makanan yang diberikan sesuai dengan usia anak dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Hasil evaluasi kegiatan ini meningkatnya pengetahuan kader tentang pemberian makan pada balita, dengan indikator kader dapat melakukan Praktik  Dalam Pemberian Makan serta membedakan tekstur makanan disetiap tahapan usianya.

Dalam kesempatan ini  ketua dan tim PKM mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi yang tinggi kepada pihak Puskesmas Kakap yang telah bersedia bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini. Terimakasih kepada Ibu Hj. Rusliah Marni,S.ST Selaku kepala UPT  Puskesmas Banjar serasan, bapak Ns. Ngadiono ,S.Kep.Ners selaku petugas Puskesmas kakap, kader posyandu  yang telah menerima kami dan bekerja sama untuk mensukseskan acara ini.

Pihak UPT Puskesmas Kakap  yang diwakili oleh Bapak Ns.Ngadiono,S.Kep,Ners menuturkan kegiatan PKM ini yang dilakukan oleh dosen keperawatan anak STIK Muhammadiyah Pontianak bekerjasama dengan UPT puskemas Kakap antusias dan menyambut baik adanya program  sebagai upaya meningkatkan keterampilan kader dalam praktik pemberian makan pada balita , sehingga diharapkan adanya peningkatan kesehatan pada anak. Tutupnya.

Bersama Kader Posyandu wilayah kerja Puskesmas Kakap

 

Menjelaskan pengenalan tekstur makanan setiap tahapan usia

 

Penyerahan kenang-kenangan kepada kader

 

Doc. Ns. Lince Amelia. M.Kep