PEMBEKALAN KARIR BAGI CALON LULUSAN BARU ASSESSMENT DAN KONSELING KARIR

PEMBEKALAN KARIR BAGI CALON LULUSAN BARU ASSESSMENT DAN KONSELING KARIR

webmasterstik, 31 Juli 2019, Pusat Karir dan Jobfair

Pusat Karir Dan Pengembangan Alumni ([Puska) STIK Muhammadiyah Pontianak mengadakan kegiatan Pembekalan Karir Bagi Calon Lulusan Baru Prodi D III Keperawatan Dan Profesi Ners dengan tema “Assessment Dan Konseling Karir”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 di STIK Muhammadiyah Pontianak bertempat di gedung K.H. Ahmad Dahlan lantai 7 Aula Ki Bagoes Hadikusumo. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari calon lulusan baru yang akan diwisuda pada bulan September 2019 yaitu 7 orang calon lulusan baru Prodi D III Keperawatan dan 43 calon lulusan baru Prodi Profesi Ners Reguler. Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Ibu Dra. Roslina., Psi yang menjelaskan tentang Dunia Kerja dan Informasi Karir Bagi Lulusan Keperawatan dan Ibu Yenni Sukarini., S.Psi., yang menjelaskan tentang Solusi Dalam Menghadapi Kebutuhan Hidup dan Mendapatkan Pekerjaan.
Ketua Puska STIK Muhammadiyah Pontianak Ns. Hidayah, M.Kep., mengatakan Salah satu tugas dan fungsi pokok dari Pusat Karir adalah memberikan layanan berupa bimbingan dan konseling karir. Konseling karir adalah kegiatan yang membantu lulusan dalam memilih tempat kerja. Konseling seharusnya dilakukan oleh Konselor Profesional dan konsultan yang memiliki kompetensi untuk memberikan bantuan kepada lulusan dalam memberikan informasi tentang dunia kerja yang akanditekuninya.

PUSKA STIK Muhammadiyah Pontianak dalam menjalankan peran dan fungsinya merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan assessment dan konseling karir tersebut. Calon Lulusan Baru STIK Muhammadiyah tidak boleh kehilangan arah dan
jati diri lembaga serta program studi yang menjadi almamaternya. Kesiapan mengambil keputusan terhadap karir dimasa depan setelah menjadi alumni STIK Muhammadiyah seyogyanya sejalan dengan bidang profesi yang digelutinya sejak
pertama kali menginjakkan kaki di kampus. Ibu Ns. Hidayah, M.Kep., juga mengatakan kegiatan Assessment dan Konseling karir ini merupakan salah satu kegiatan pembekalan karir yang sangat penting diikuti oleh calon lulusan baru STIK Muhammadiyah Pontianak. Melalui konseling karir, calon lulusan baru dapat memperoleh gambaran tentang bidang pekerjaan yang akan ditekuni dan masa depan perkembangan dirinya jika meniti karir dibidang keperawatan. Selain itu, calon lulusan baru akan mendapatkan saran-saran yang bermanfaat untuk pengembangan diri yang berkaitan dengan pengembangan profesionalisme berkelanjutan. Terakhir, konseling karir merupakan kegiatan yang dilakukan sepanjang lulusan meniti karir dan tidak hanya terbatas saat lulus dan mencari pekerjaan saja. Untuk tindak lanjut dari kegiatan ini harapannya bimbingan dan konseling karir ini tidak hanya diikuti oleh calon lulusan baru yang akan diwisuda saja tetapi juga oleh mahasiswa baru dan mahasiswa tingkat akhir dengan materi menyesuaikan kebutuhan calon peserta. Salah satu peserta Nesya Andita mengatakan “Materi yang dibawakan sangat menarik untuk dipahami, cara menyampaikan materi juga asyik, suasana pembawaan pemateri sangat antusias. Jadi mudah dipahami. Ke depannya materi bimbingan karir yang diperlukan oleh mahasiswa tingkat akhir diantaranya adalah mengenal berbagai persiapan kerja, Menulis CV yang baik, Cara menghadapi berbagai tes untuk lolos bekerja, serta arah dan gambaran maupun cara menentukan pilihan karir ke depan.

Perlu diadakan kembali bimbingan karir seperti ini baik dalam bentuk workshop maupun seminar terutama dalam pembuatan CV atau surat lamaran kerja,”


Dok: Pusat Karir dan Pengembangan Alumni