PEMBUKAAN PRAKTIK PROFESI KOMUNITAS KELUARGA DAN GERONTIK DI KELURAHAN SAIGON

PEMBUKAAN PRAKTIK PROFESI KOMUNITAS KELUARGA DAN GERONTIK DI KELURAHAN SAIGON

webmasterstik, 12 Maret 2019, STIK Info

Mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak Kelas Reguler A saat ini melaksanakan Praktik Profesi Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik. Adapun Praktik Profesi ini dilaksanakan di Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur. Kegiatan Pembukaan Praktik Profesi ini dilakukan pada hari Jumat tanggal 8 Maret 2018 di Aula Kantor Lurah Saigon Kecamatan Pontianak Timur. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Ismail, SH,MH., selaku Camat Pontianak Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pontianak Timur, Lurah Saigon, Perwakilan Puskesmas Saigon, Wakil Ketua III Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kemahasiswaan, Tokoh masyarakat, Ketua RW 01 dan RW 15, RT, PKK, Kader Posyandu Puskesmas Saigon, Dosen serta mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak.

Koordinator Praktik Profesi Keperawatan Komunitas dan Keluarga Dr. Wida Kuswida Bhakti, M.Kes., mengatakan Praktik Profesi Komunitas, Keluarga dan Gerontik sebelumnya sudah pernah dilakukan di Kecamatan Pontianak Timur Kelurahan Banjar Serasan, untuk kegiatan kali ini dilakukan di RW 01 dan RW 15 Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur. Praktik Profesi ini diikuti sebanyak 76 mahasiswa yang dibagi menjadi dua gelombang, baik gelombang pertama maupun gelombang kedua masing-masing diikuti sebanyak 38 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 minggu dimulai pada tanggal 8 Maret s/d 18 April 2019 untuk gelombang pertama dan tanggal 22 April s/d 1 Juni 2019 untuk gelombang kedua.

Camat Pontianak Timur menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan mahasiswa bisa melakukan praktik ini dengan baik, bisa membawa nama baik sendiri maupun almamater dan tentunya bisa melakukan pendekatan ke masyarakat. Dengan pendekatan ke masyarakat tersebut diharapakn bisa mendapatkan data kesehataan masyarakat sehingga promosi kesehatan yang dilakukan sesuai dengan permasalah masyarakat di Kelurahan Saigon.

Wakil Ketua III Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kemahasiswaan Bapak Amelyadi mengucapkan terima kasih kepada Camat Pontianak Timur, Lurah Saigon, serta Puskesmas Saigon yang menyambut baik dan memfasilitasi pelaksaan Praktik Profesi di wilayah Kelurahan Saigon. Ini merupakan salah satu bentuk kerjasama STIK Muhammadiyah Pontianak dengan Kecamatan Pontianak Timur di Bidang Pendidikan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Bapak Amelyadi juga mengharapkan kehadiran mahasiswa di Kelurahan Saigon bisa diterima masyarakat, kader, RT Kelurahan Saigon pada umumnya dan masyarakat di wilayah RW 01 dan RW 15 pada khususnya dan mahasiswa diharapkan bisa mengaplikasikan ilmunya di masyarakat.

 

DOC: PUSAT HUMAS PROMOSI, PMB