Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kelompok rentan di desa Sungai Ambangah

Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kelompok rentan di desa Sungai Ambangah

webmasterstik, 19 Maret 2021, Artikel Pilihan

STIK Muhammadiyah Pontianak selenggarakan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kelompok rentan di desa Sungai Ambangah Kabupaten Kubu Raya. Meningkatnya angka kejadian pada penderita Covid-19 menjadi salah satu masalah yang serius di Indonesia bahkan di Dunia. Virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan China itu telah meluluhlantakkan berbagai sektor termasuk sektor ekonomi sehingga beberapa negara termasuk Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menyelamatkan sector perekonomian tersebut.

Adaptasi Kebiasaan  Baru merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat atau kebiasaan yang biasa dilakukan namun dengan berbagai adaptasi yang baru yakni dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak terlebih kepada kelompok rentan. Sehingga dibutuhkan pendampingan kepada masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ditengah pandemi ini.

Salah satu Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak sekaligus ketua pelaksana kegiatan PKM Ns. Usman, M.Kep mengatakan kegiatan pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru ini dilakukan di desa Sungai Ambangah Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 10 Maret 2021. Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan secara langsung oleh kepala Desa setempat dan dilanjutkan dengan pemaparan informasi dan di akhiri dengan diskusi serta tanya jawab. Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut berjumlah 60 orang warga yang telah diundang oleh tim Pengabdian kepada masyarakat dengan dibantu oleh kepala Desa dan segenap jajarannya. Para peserta yang hadir sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan.

Salah satu warga Sarinah mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi warga setempat guna memperkaya ilmu pengetahuan tentang Adaptasi Kebisaan Baru ditengah Pandemi yang sedang melanda negara kita ini. Kepala Desa sungai Ambangah Samsuri mengatakan bahwa “saya sangat berbahagia atas kepedulian terhadap warga saya untuk terus mengasah ilmu pengetahuan dan tentunya agar lebih produktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari tentunya dengan Adaptasi Kebiasaan Baru” Samsuri menambahkan diharapkan kedepan ada kegiatan yang serupa dengan topik yang lain” Tutupnya.

 

Bag. Dokumentasi STIKMuhPtk