PENINGKATAN PERAWATAN DIRI PADA ANAK

PENINGKATAN PERAWATAN DIRI PADA ANAK

webmasterstik, 10 Pebruari 2022, Artikel Pilihan

Perawatan diri adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas perawatan diri. Kemampuan perawatan diri yang dimaksud adalah kemampuan dalam melakukan kebersihan diri, berpakaian, makan dan minum, serta eliminasi. Kemandirian anak dalam melakukan perawatan diri harus dilatih sejak dini agar dapat meningkatkan kesejahteraan baik secara fisik maupun psikis sehingga dapat terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Anak yang sudah sekolah banyak beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga lebih rentan terpapar kotoran dan kuman penyebab penyakit. Melatih kemandirian anak dalam aktivitas perawatan diri sejak kecil dapat menciptakan kebiasaan baik yang akan melekat hingga ia dewasa nanti.

Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak Ns. Uji Kawuryan, M.Kep beserta Ns. Almumtahanah dan Ns. Hidayah, M.Kep melibatkan juga tenaga kependidikan sertamahasiswa aktif Prodi Ners melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu “Upaya peningkatan kemandirian anak prasekolah dalam perawatan diri di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Korpri Kubu Raya”. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi

Perawatan diri yang diajarkan pada anak TK ini, diantaranya cara menjaga kebersihan diri, berdandan dan berpakaian, adab makan yang baik, adab buang air besar dan buang air kecil yang baik. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang perawatan diri dan kemandirian anak dalam melakukan perawatan diri.

Kepala sekolah Tk 'Aisyiyah Bustanul Athfal Korpri Kubu Raya, Ibu Mardalena, S.Pd.,  menyambut baik kegiatan pengabdian ini karena  ia senang melihat siswa-siswa nya antusias mengikuti kegiatan ini, dimana kegiatan ini dapat menambah pengetahuan siswa tentang cara perawatan diri dan melatih keterampilan siswa dalam melakukan perawatan diri secara mandiri. Tak lupa ia mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen-dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak yang telah melakukan kegiatan PKM di sekolah ini.

Foto-foto kegiatan

 

(Dokumen: Uji Kawuryan, Almumtahanah dan Hidayah)