PRODI NERS STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK RAIH AKREDITASI B OLEH LAM-PTKes

PRODI NERS STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK RAIH AKREDITASI B OLEH LAM-PTKes

webmasterstik, 09 Desember 2020, Artikel Pilihan

Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak terakreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Akreditasi ini ditetapkan pada tanggal 27 November 2020 dan berlaku selama lima tahun  berdasarkan Surat Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes Nomor 0451/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020 untuk Program Studi Sarjana Keperawatan dan Nomor  0452/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2020 untuk Program Studi  Profesi Ners.

Asesmen Lapangan Daring (ALD) di STIK Muhammadiyah Pontianak ini dilakukan oleh  LAM-PTKes dari tanggal 12 November s/d 15 November 2020. Berhubung Akreditasi dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 maka Asesmen Lapangan ini dilakukan secara daring (online)

ALD ini dilakukan oleh tiga orang Asesor dari LAM-PTKes yaitu Ns. Nuh Huda, M.Kep., Sp.Kep.MB. dari STIKES Hang Tuah Surabaya, Prof. Dr. Ah. Yusuf S, S.Kp., M.Kes dari Universitas Airlangga Surabaya dan Sutono, S.Kp., M.Sc dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Asesmen Lapangan Daring kali ini tidak jauh berbeda dengan Asesmen Lapangan secara langsung. ALD ini dilakukan dengan menilai tujuh standar. Ketujuh standar tersebut terdiri dari  Standar 1 tentang Visi, Misi, Sasaran serta Strategi Pencapaian, Standar 2 tentang Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, Standar 3 tentang Mahasiswa dan Lulusan, Standar 4 tentang Sumber Daya Manusia, Standar 5 tentang Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik, Standar 6 tentang Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, dan Standar 7 tentang Penelitian Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama.

Walaupun secara daring Asesor tetap melakukan ALD sebagaimana mestinya seperti wawancara, yang dilakukan kepada Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak, Wakil Ketua Bidang Akademik, Wakil Ketua Bidang Non Akademik, Wakil Ketua Bidang Al Islam Kemuhammadiyah dan Kemahasiswaan, Ka Prodi Ners, Kepala Pusat, Kepala Bagian, Dosen Program Studi Ners, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, serta Pengguna lulusan. Selain itu dilakukan Klarifikasi Dokumen dan peninjauan Sarana dan Prasarana di STIK Muhammadiyah Pontianak ini. Peninjauan sarana dan prasarana penunjang ini dilakukan secara live streaming seperti peninjauan Gedung, ruangan - ruangan termasuk Ruangan Kelas, Ruang Tutorial,  Perpustakaa, Laboratorium Keperawatan dengan konsep Mini Hospital, Masjid, Kantin, dll.

Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak Bapak Haryanto, MSN, Ph.D. mengatakan persiapan Akreditasi dilakukan Civitas Akademika STIK Muhammadiyah Pontianak semaksimal mungkin sejak setahun yang lalu sesuai dengan 7 (tujuh) Standar pada Borang Akreditasi. Ia juga mengatakan Akreditasi merupakan salah satu penilaian dari kualitas Manajemen Perguruan Tinggi yang bertujuan memotret seluruh pengelolaan Program Studi dan Institusi. Beliau juga mengucap syukur Alhamdulillah atas hasil yang didapat untuk Prodi  Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners adalah B. Pencapaian ini merupakan hasil kerjasama dari seluruh Civitas Akademika dan dukungan dari semua pihak baik BPH, dan seluruh mitra kerja yaitu Dinas Kesehatan, RS, Puskesmas, PPNI dan pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kerjasama, kekompakan dan kerja tim merupakan kunci dari pencapaian ini. Pada kesempatan ini Bapak Haryanto, MSN, Ph.D. atas nama pribadi dan Institusi juga mengucapkan banyak terima kasih. Semoga hasil ini memberikan lebih lagi kepercayaan kepada masyarakat  khususnya orang tua utk menitipkan anaknya menuntut ilmu di STIK Muhammadiyah Pontianak.

Ketua Program Studi Ners Bapak Ns. Gusti Jhoni Putra, M.Pd., M.Kep. mengucap syukur Alhamdulillah atas hasil yang didapat. Melalui Akreditasi ini menggambarkan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Ners. Selain itu Beliau juga mengatakan dengan hasil Akreditasi saat ini tentunya memicu Prodi Ners untuk meningkatkan kualitias dan aktifitas proses belajar mengajar dengan harapan agar kedepannya dapat memberikan hasil yang terbaik sehingga Prodi Ners terus berkembang khususnya di Kalimantan Barat serta menghasilkan lulusan yang siap bersaing di lapangan pekerjaan baik Nasional maupun Internasional. Ia juga tak lupa mengucapkan  terima kasih yang tak terhingga atas waktu dan kerja keras  kepada Seluruh Civitas Akademika serta semua pihak yang telah terlibat dalam akreditasi ini.

 

(Dokumen: Pusat Humas Promosi dan PMB)