SIMULASI AKREDITASI INSTITUSI STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

SIMULASI AKREDITASI INSTITUSI STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

webmasterstik, 18 Pebruari 2019, Artikel Pilihan

STIK Muhammadiyah Pontianak mengadakan simulasi Akreditasi Institusi, kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019. Simulasi ini dilakukan oleh Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak bersama dosen dan civitas akademika STIK Muhammadiyah Pontianak. Simulasi ini dilakukan sebelum visitasi Akreditasi oleh Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Simulasi ini bertujuan untuk menilai kesiapan STIK Muhammadiyah menghadapi akreditasi serta menilai Borang Akreditasi Institusi STIK Muhammadiyah Pontianak yang sudah dipersiapkan.

Simulasi Akreditasi Institusi yang dilakukan untuk menilai tujuh standar. Ketujuh standar tersebut terdiri dari Standar 1 tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian, Standar 2 tentang Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu, Standar 3 tentang Mahasiswa dan Lulusan, Standar 4 tentang Sumber Daya manusia, Standar 5 tentang Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik, Standar 6 tentang Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi, serta Standar 7 tentang Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama.

Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak Bapak Haryanto, MSN., Ph.D mengatakan bahwa kegiatan ini penting dan sangat perlu kita lakukan, karena nantinya jika hasil dari simulasi ini ada beberapa dokumen yang belum terkumpul bisa segera dilengkapi. Selain itu juga sebagai pembanding nilai kita dengan asesor dari BAN-PT.

Ketua Panitia Akreditasi Ibu Ns.Lestari Makmuriana, M.Pd.,M.Kep mengatakan hasil simulasi ini masih ada beberapa catatan yang harus segera kita selesaikan guna mendapatkan hasil yang memuaskan saat visitasi nanti.

STIK Muhammadiyah Pontianak saat ini sudah mengusulkan Borang Akreditasi Institusi kepada BAN-PT, saat ini borang tersebut dalam proses Analisis Kecukupan (AK). Yang artinya tidak lama lagi STIK Muhammadiyah Pontianak akan di assessment oleh asesor BAN-PT.

 

DOC. Bag. Humas STIKMuhPtk