STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK MENGADAKAN WISUDA CERTIFIED WOUND CARE NURSE ANGKATAN XVI

STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK MENGADAKAN WISUDA CERTIFIED WOUND CARE NURSE ANGKATAN XVI

webmasterstik, 01 Pebruari 2019, STIK Info

 STIK Muhammadiyah Pontianak mengadakan Wisuda Certified Wound Care Nurse (CWCN) Angkatan XVI. Wisuda ini diadakan pada hari Jum’at tanggal 1 Februari di STIK Muhammadiyah Pontianak di Ruang Amphi Teater Gedung KH. Ahmad Dahlan lantai 6. Kegiatan Wisuda ini dihadiri oleh Ketua DPW In WOCNA KALBAR, Ketua Program Studi  Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Badan Pembina Harian STIK Muhammadiyah Pontianak dan Ketua serta seluruh Civitas Akademika STIK MUhammadiyah Pontianak.

Pelatihan Certified Wound Care Nurse ini dilaksanakan selama satu bulan (satu minggu teori dan tiga minggu praktik klinik), dimulai dari tanggal 3 Januari s/d 1 Februari 2019. Pelatihan ini merupakan Pelatihan Luka Modern yang merupakan salah satu bentuk kerjasama antara STIK Muhammadiyah Pontianak dan Program Studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 8 orang peserta terdiri dari enam orang Mahasiswa Program Studi Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, satu orang dosen Prodi Keperawatan Universitas Tanjung Pura Pontianak dan satu orang perawat dari Ketapang. Pemateri pada pelatihan ini berasal dari pemateri bersertifikasi perawat luka mahir  dan spesialis perawatan luka baik S2 maupun S3 dan dibimbing oleh preceptor klinik yang telah bersertifikasi.

Pada pelatihan ini masing-masing peserta diwajibkan melakukan perawatan luka sebanyak 100 pasien dan masing-masing peserta diwajibkan untuk mengelola satu kasus pasien kelolaan. Hasil dari kasus kelolaan pasien tersebut dipresentasikan.  Setelah mengikuti pelatihan peserta mendapatkan dua sertifikat yaitu Sertifikat Keahlian dari DPP InWOCNA dan sertifikat dari STIK Muhammadiyah Pontianak sebagai pihak penyelenggara.

    Pada sambutan penutupan, Ketua STIK, Haryanto, S.Kep, Ns, MSN, PhD mengatakan bahwa setelah wisuda ini mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya supaya tidak lupa. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Prodi Megister Keperawatan UMY Ibu Fitri Ariofati, S.Kep, Ns, MAN, Ph.D. Pada sambuatan terakhir Ketua BPH, Dr. Ikhsanudin mengatakan hubungan kerjasaama ini antara STIK Muhammadiyah dan UMY harus tetap dilaksanakan dan ditingkatkan. Terakhir, pada acara penutupan tiga wisudawan mendapatkan penghargaan atas nama Herman, S.Kep. Ns., M.Kep., CWCN sebagai terbaik pertama, kemudian Novit Haris Setiawan, S.Kep.,Ns., CWCN sebagai  terbaik kedua serta Gito, S.Kep.,Ns., CWCN sebagai terbaik ketiga.