STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK SELENGGARAKAN WISUDA DI MASA COVID-19

STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK SELENGGARAKAN WISUDA DI MASA COVID-19

webmasterstik, 14 Oktober 2020, Info Wisuda

Pada masa Pandemik Covid-19 saat ini tidak menghalangi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak untuk menyelenggarakan Wisuda XIII tahun Akademik 2019/2020 dan Milad XXVIII. Kegiatan ini dilaksanakam pada tanggal 14 Oktober 2020 di Aula Ki Bagoes Hadikoesoemo gedung KH. Ahmad Dahlan STIK Muhammadiyah Pontianak.

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Wisuda kali ini. Jika pelaksanaan Wisuda tahun sebelumnya diselenggarakan secara langsung bersama seluruh wisudawan, karena masih terjadi Pandemi Covid-19 Wisuda kali ini dilaksanakan secara online. Hanya perwakilan saja sebanyak 20 orang yang diperkenankan mengikuti Wisuda secara langsung di kampus STIK Muhammadiyah Pontianak.

Pelaksanaan wisuda ini tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti sebelum mengikuti Wisuda ini perwakilan wisudawanbeserta Senat, Panitia serta tamu undangan dilakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan dilakukan rapid tes terlebih dahulu. Dari hasil tersebut semua hasilnya non reaktif, sehingga proses wisuda bisa dilaksakan sebagaimana mestinya serta di dalam ruangan kegiatan semua kursiwisudawan diberi jarak.

Pada kegiatan wisuda kali iniKetua Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak melantik sebanyak 160 wisudawan yang terdiri dari Program Studi Ners dan Diploma III Keperawatan. Pada Program Studi Ners dilantiksebanyak 132 wisudawan dan Program Studi Diploma III Keperawatan dilantik sebanyak 28 wisudawan.

Acara bahagia tersebut tidak hanya dihadiri oleh wisudawan dan keluarga secara online tetapi juga dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Kalbar, Majelis Diktilitbang Muhammadiyah, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Pimpinanan Wilayah Muhammadiyah Kalbar, Dewan Pengurus Wilayah dan Dewan Pengurus Daerah PPNI KalBar, Perwakilan Rumah Sakit dan Puskesmas di Kalbar, dan dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah PPNI Kubu Raya, Badan Pembina Harian dan Ketua Himpunan Alumni STIK Muhammadiyah beserta Civitas Akademika STIK Muhammadiyah Pontianak.

Terdapat 20 orang wisudawan terbaikpada wisuda kali ini yaitu Wisudawan terbaik dari dari Program Studi DIII Keperawatan yaitu Siti Damayanti, Riska, Nava Febrianty, lara Santika dan Evatur Rahmi.Wisudawan terbaik dari Program Studi Ners Reguler A yaitu Gmelina Adha Sari, Dhea Yolanda, Riya Ainurisha, Tiara Elvara Ibrani, dan Tika Sugriantini. Wisudawan terbaik dari dari Program Studi Ners Reguler B yaitu kahairi Masyitha, Wahyuni Islamia, Aguillina Siska, Evi Susanti dan Dina Sulastriserta Wusudawan terbaik dari Program Studi Ners Reguler B kelas Karyawan yaitu Mawardi, Dewi Puspitasari, Elalia Nany Puspita, Zakiah dan Yana Kristina .

Pada sambutannya Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak Bapak Haryanto, MSN, Ph.D.,mengatakan saat ini STIK Muhammadiyah Pontianak telah terakreditasi B oleh BAN-PT dengan memiliki tiga Program Studi yaitu Diploma III Keperawatan, Program Studi Ners serta Magister Keperawatan, dimana Program Studi Magister Keperawatan ini merupakan satu-satunya dan pertama yang ada di Kalimantan Barat. Berdasarkan pencapaian tahun ini,Kemendikbud melakukan penilaian peringkat pada Klasterisasi Perguruan Tinggi 2020, pada Klaster 4 STIK Muhammadiyah Pontianak memperoleh peringkat Kedua Perguruan Tinggi se-Kalimantan dan memperoleh peringkat Pertama se-Kalimantan Barat. Capaian ini merupakan kerja keras seluruh Civitas Akademika STIK Muhammadiyah Pontianak dan menjadi motivasi STIK Muhammadiyah Pontianak untuk lebih baik kedepannya.

Ketua juga mengatakan selama masa Pandemi Covid-19 ini telah melakukan modifikasi dalam semua bidang salah satunya proses belajar mengajar, saat ini perkuliahan dilakukan secara daring. Selain itu STIK Muhammadiyah Pontianak juga terlibat aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini diantaranya membentuk Satgas Covid yang berkoordinasi dengan MCCC wilayah Kalimantan Barat dan Pusat serta berkoordinasi dengan Satgas Covid Kalimantan Barat. Selain itu STIK Muhammadiyah juga menerapkan 3 M di lingkungan kampus seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. STIK Muhammadiyah juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan Covid-19 serta membagikan masker secara cuma-cuma ke masyarakat dan memberikan bantuan APD dan masker ke beberapa RS dan Puskesmas.

Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak juga tidak lupa mengucapkan selamat atas keberhasilan mahasiswa menyelesaikan pendidikannya dan mengucapkan terima kasih kepada orang tua yg telah menitipkan anaknya di STIK Muhammadiyah Pontianak hingga di wisuda. Ia juga berharap para wisudawan bisa sukses dan memohon maaf jika selama menimba ilmu di sini ada yang kurang berkenan. Bapak Haryanto juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam meningkatkan pendidikan di STIK Muhammadiyah Pontianak dan membesarkan STIK Muhammadiyah Pontianak hingga seperti ini. Untuk kedepannya akan dilakukan pengembangan Kampus 2 STIK Muhammadiyah beserta Unit Usaha serta akan dilakukan pembangunan RS Muhammadiyah.

Foto-foto Kegiatan

 

 

(Dok: Pusat Humas Promosi dan PMB)