UJIAN SIDANG KARYA TULIS ILMIAH  PROGRAM STUDI D.III  KEPERAWATAN STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

UJIAN SIDANG KARYA TULIS ILMIAH PROGRAM STUDI D.III KEPERAWATAN STIK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

webmasterstik, 27 Juni 2022, Artikel Pilihan

APAKAH  KARYA TULIS ILMIAH ?

Secara teoritis 

Karya tulis ilmiah, merupakan gabungan dari tiga suku kata. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karya, dapat diartikan sebagai hasil sebuah usaha, upaya, perbuatan atau ciptaan, sedangkan tulis, atau menulis memiliki arti segala kegiatan yang terkait dengan huruf, angka, pena, atau media tulis yang lain.

Yang ketiga adalah ilmiah, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan, atau memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Nah, jika diartikan secara menyeluruh, karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan menulis, dengan menggunakan penerapan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang bersifat obyektif serta faktual.

KTI DI D.III KEPERAWATAN KURIKULUM 2018

KARYA TULIS ILMIAH (KTI) dalam kurikulum D. III Keperawatan khususnya di STIK Muhammadiyah Pontianak, adalah hasil karya mahasiswa yang merupakan tugas akhir, dilaksanakan di semester enam (VI), dimana mahasiswa sudah dinyatakan lulus dari semua mata kuliah. Persyaratan bagi mahasiswa yang akan mengikuti KTI adalah :

  1.       Lulus  semua Mata Kuliah semester satu dan lima
  2.       Tidak ada masalah akademik dan administrasi
  3.       Sudah lulus  baca tulis Al-Qur’an bagi yang muslim
  4.       Mengikuti Praktik Klinik Keperawatan Komprehensif

Praktik Klinik  Keperawatan Komprehensif dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 21 Mei 2022 dilakukan di RS Universitas Tanjungpura dan RS Anton Soejarwo selama seminggu, dengan kegiatan sistematis lima proses keperawatan :

  1.         Pengkajian Keperawatan
  2.         Membuat Diagnosa Keperawatan
  3.         Membuat Intervensi atau rencana Tindakan keperawatan.
  4.         Melakukan implementasi dari intervensi yang sudah dibuat

Melakukan evaluasi pada tiap masalah pasien dan mendokumentasikan secara lengkap.

Selanjutnya mahasiswa membuat laporan Asuhan Keperawatan yang telah dilakukan selama tiga puluh hari dengan bimbingan intensive oleh  para tim dosen STIK Muhammadiyah Pontianak. Laporan yang telah dibuat di presentasikan dalam Ujian Sidang Karya Tulis Ilmiah atau Ujian Sidang KTI dengan tiga dosen Penguji pada setiap mahasiswa.

 

Pelaksanaan Ujian Sidang KTI  tahun 2022 ini  di ikuti oleh mahasiswa D.III Keperawatan Angkatan ke dua puluh delapan, semua mahasiswa dapat mengikuti dengan cukup baik, nilai rata-rata 88. Pelaksanaan ujian dipusatkan di Gedung K.H Ahmad Dahlan, lantai Tiga tepatnya di ruang tutorial yang terdiri dari delapan ruangan.

 

Setiap mahasiswa dialokasikan waktu presentasi selama 10 menit dan dilakukan tanya jawab oleh setiap penguji kurang lebih  lima belas menit, maka setiap mahasiswa menghabiskan waktu kurang lebih satu jam. Diharapkan setelah ujian Sidang KTI ini mahasiswa dapat mendalami dan mampu melakukan asuhan keperawatan atau lima proses keperawatan di lahan kerja. Selain itu diharapkan mahasiswa mampu memprioritaskan masalah atau diagnosa keperawatan dilahan kerja nanti.

 

Doc. Ns. Wuriani, M.Pd., M.Kep