Upaya Pembiasaan Etika Batuk Pada siswa TK ABA 3 Kota Pontianak

Upaya Pembiasaan Etika Batuk Pada siswa TK ABA 3 Kota Pontianak

webmasterstik, 06 Januari 2022, Artikel Pilihan

Penyakit pandemi covid-19 masih terus terjadi walupun saat ini sudah mengalami penurun angka kejadian, namun demikian kita tidak boleh lengah. Covid 19 merupakan salah satu penyakit yang menular melalui udara, droplet yang keluar dari mulut penderita dapat menyebar di udara dan menularkan kepada orang lain.

Dokumentasi sosialisasi

Di masa new normal, kita perlu mempraktikkan etika batuk di mana dan kapan pun. Etika batuk merupakan cara pencegahan penularan dengan tindakan memalingkan kepala dan menutup mulut atau hidung dengan tisu apabila sedang bersin atau batuk akan tetapi apabila tidak terdapat tisu maka mulut dan hidung bisa ditutup oleh tangan atau pangkal selanjutnya mencuci tangan.

Dosen bersama mahasiswa STIK Muhammadiyah melakukan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pengetahuan pada siswa TK Aisyiyah Kota Pontianak  tentang pentingnya Upaya pembiasaan cara/etika batuk  untuk menanamkan kebiasaan/perilaku agar dapat membantu mencegah penularan penyakit saluran sistem pernafasan. Mengajarkan etika batuk yang benar walaupun sederhana tetapi memiliki dampak yang cukup baik terhadap perkembangan perilaku  anak.  Kegiatan PKM yang di ketuai oleh Hartono ini dilakukan Pada Tanggal 17 Desember 2021 di TK  Aisyiah 6 kota Pontianak.  di harapkan dengan kegiatan ini siswa TK kelak akan terbiasa dengan perilaku sehat bagaimana cara batuk yang baik sehingga dapat mengurangi resiko penularan penyakit yang menular melalui udara, salah satunya covid -19. Pada Kegiatan ini tampak siswa TK ABA 6 begitu antusias mengikuti dan meredemonstarikan etika batuk. Hasil yang di dapat setelah penyuluhan  sebagian besar ( 90 % ) siswa  mampu melakukan etika batuk dengan benar secara mandiri sesuai langkah-langkah yang di ajarkan, sedangkan 10% siswa mampu tetapi dengan bimbingan fasilitator.

 

Doc. Tim Dosen STIKMuhPtk